Saya Tes Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian Bisa Gak

Bagi karyawan yang dengan penghasilan pas-pasan, pastinya ada keinginan untuk memiliki dana tambahan untuk sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari atau usaha.

Lalu, apakah bisa Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian menjadi jaminannya? Simak penjelasannya tentang gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian berikut!

Bisakah Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian?

Jawaban singkatnya adalah tidak bisa. Perlu diketahui, tidak semua masyarakat bisa gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian. Apalagi, jika tujuannya adalah untuk pinjaman dana.

Nasabah BPJS hanya bisa mengikuti program-program yang ada dan nantinya diarahkan untuk fokus tertentu saja, misalnya kepemilikan properti.

Barang yang Bisa Dijadikan Jaminan di Pegadaian

Saya Tes Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian Bisa Gak

Walaupun demikian, pegadaian menawarkan beberapa alternatif barang yang dapat digunakan untuk mendapatkan pinjaman modal.

Baca juga: Pengalaman Saya Gadai HP di Pegadaian Tanpa Kwitansi Pembelian

Kamu dapat menggunakan pilihan tersebut jika merasa memenuhi kriteria.

1.    Emas

Barang yang dapat digunakan sebagai jaminan gadai yang pertama adalah emas. Semua nasabah bisa menggunakan emas dalam bentuk apapun tanpa adanya pengecualian. Penting untuk diperhatikan yakni emas berharga tersebut asli, bukan imitasi ataupun KW.

Jika kamu memiliki emas mini misalnya Antam, emas tersebut juga bisa digunakan sebagai jaminan gadai di pegadaian. Calon nasabah cukup datang langsung ke kantor pegadaian untuk melakukan pendaftaran.

Jumlah yang dapat dicairkan mengikuti tingkat kemurnian dan berat dari emas itu sendiri. Dengan semakin tinggi karatnya, maka pinjaman yang didapatkan tentunya semakin besar, begitu juga dengan berat emas tersebut.

2.    Surat Berharga

Barang yang dapat dijadikan sebagai jaminan yang kedua adalah surat berharga. Walaupun kamu tidak bisa gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian, kamu masih bisa untuk menggadaikan surat berharga lainnya.

Baca juga: Syarat Gadai HP di Pegadaian Syariah Wajib Siapkan Ini

Surat berharga dapat berupa BPKB kendaraan bermotor, sertifikat rumah, atau sertifikat tanah. Kamu bebas dalam menentukan mana yang sekiranya dapat mencukupi jumlah pinjaman.

Apabila kamu menginginkan pinjaman dana dalam nominal yang besar, maka disarankan memilih menggunakan sertifikat bangunan atau tanah. Tapi, jika hanya ingin mendapatkan nominal yang ringan, maka kamu bisa memilih BPKB kendaraan sebagai jaminannya. Hal ini dapat disesuaikan dari tingkat berharganya barang tersebut.

3.    Barang Elektronik

Barang yang diperbolehkan sebagai jaminan adalah barang elektronik. Barang elektronik yang dimaksud adalah yang memiliki nilai jual menengah ke atas, misalnya komputer, kulkas, smartphone, televisi, atau mesin cuci.

Nominal pinjaman yang diperoleh menyesuaikan dengan nilai aset barang yang digadaikan. Contohnya pinjaman senilai Rp 1-7 juta untuk televisi atau Rp 1-25 juta untuk komputer. Semua akan dihitung berdasarkan nilai pasaran pada saat itu jika diperjualkan.

Baca juga: Tahapan Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian Sampai Uang Cair

4.    Barang Berharga Lainnya

Jika kamu tidak memiliki ketiga contoh barang di atas, jangan khawatir sebab masih terdapat alternatif terakhir. Semua barang berharga dapat dijadikan sebagai jaminan asalkan dengan syarat mempunyai nilai jual yang memenuhi kriteria pasaran.

Beberapa contoh barang berharga yang dapat dijadikan sebagai jaminan yakni kendaraan bermotor, alat berat, sound system atau kendaraan bermesin. Pastikan dahulu semua barang tersebut mempunyai surat keterangan. Surat tersebut inilah yang menjadi salah satu bukti kepemilikan dan nilai aset.

Alternatif Pinjaman Modal Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Saya Tes Gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian Bisa Gak

Walaupun tidak dapat gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian, terdapat alternatif yang dapat kamu gunakan. Kamu bisa mengajukan pinjaman dana pada koperasi simpan pinjam dengan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki sebagai jaminan.

Cara inilah sering digunakan oleh para karyawan dalam mencukupi kebutuhan hidup tinggi dengan pertimbangan dari penghasilan UMR. Beberapa koperasi simpan pinjam telah mendukung jaminan BPJS Ketenagakerjaan seperti Koperasi Graha Gemilang Indonesia, KSP Nasari, Koperasi Makmur Mandiri dan Kopkar BKS PPM.

Jadi sumber pinjaman dana tidak hanya dari pegadaian saja, dengan syarat dan ketentuan yang sama, kamu justru bisa untuk mendapatkan pinjaman dana dari berbagai sumber dengan cepat dan mudah.

Baca juga: Pinjam Uang di Pegadaian Jaminan Sertifikat Rumah

Itulah tadi sedikit uraian tentang gadai BPJS Ketenagakerjaan di Pegadaian. Pada intinya, kamu tidak bisa menggadaikan kartu BPJS Ketenagakerjaan di pegadaian guna mendapatkan sejumlah pinjaman dana.

Tapi, masih ada lembaga keuangan lainnya yang bisa menerima kartu BPJS Ketenagakerjaanmu sebagai jaminan pinjaman.