Penyebab listrik 900 watt sering jeglek,anjlok,turun,banting

Keluhan paling banyak di rasakan oleh pelanggan pln yaitu MCB meteran listrik di rumah sering jeglek,turun,anjlok atau banting.

Bukan berarti MCB anda rusak yang mana kegunaan mcb sendiri sebagai pengaman jika terjadi kelebihan atupun lonjakan arus listrik.

MCB meteran di rumah kamu sering jeglek bukan beearti mcb tersebut rusak,bisa juga di akibatkan oleh faktor lain.

Bisa jadi MCB tersebut mendeteksi kerusakan instalasi sehinga MCB memutus arus listrik biasa kita menyebutnya jeglek/jepret.

Penyebab MCB listrik sering jeglek

Perlu kamu ketahui sebelumnya,Jika MCB berguna untuk memutus arus jika kelebihan daya maksimal pemakaian listrik.

Jadi jika kamu pakai listrik 900 watt,maksimal yang harus di keluarkan MCB tidak lebih dari 800 watt.Jika lebih dari itu,sudah pasti listrik anda di rumah akan padam.

Jika di rasa sudah melebihi daya pemakaian listrik,maka solusinya dengan menghidupkan peralatan elektronik secara gantian.Jangan menyalakan alat listrik secara bersamaan supaya MCB kuat menahan beban listrik yang di keluarkan.

Kamu bisa menghitung berapa besar daya pemakaianmu,Jika di hitung masih normal dan MCB listrik sering jeglek,Maka kerusakan bisa di bagian MCB yang munkin lemah.

MCB Listrik rusak/Lemah

MCB sering jepret padahal daya listrik yang kamu pakai kecil,Silahkan cek di bagian MCB nya .

pertama,Jika kamu sudah pasti daya listrik yang kamu pakai tidak melebihi bebean MCB,namun masih sering jeglek/trip,cek bagian kabelnya,bisa jadi kabel di bagian mcb tersebut longgar apalagi jika di imbangi dengan kondisi MCB panas.

Kabel longgar di bagian mcb listrik bisa mengakibatkan kebakaran,karena percikan api akibat ada kabel goyang.

Jika kamu naikkan lagi dan selang beberapa jam/menit jeglek lagi,Maka sudah bisa di pastikan jika MCB tersebut rusak dan wajib di ganti baru.

Akan tetapi,jika saat kamu naikan mcb dan langsung trip dalam beberapa detik,Maka ada instalasi sambungan listrik rumah kamu mengalami konsleting.

Ada Komponen/peralalatan listrik rusak/short circuit

Penyebab terahir MCb sering turun/jeglek akibat ada komponen elektronik di rumah kami mengalami kerusakan,bocor atau konsleting.

Ini menjadi permasalah paling umum dan sering di alami oleh banyak orang.

Ketika MCB listrik di rumah kamu turun,maka cabut semua peralatan elektronik,lampu dll.

Saat kamu naikkan mcb tersebut dan tidak jeglek lagi,Maka kerusakan ada di salah satu alat listrik/lampu yang anda gunakan.

Untuk mengatahui peralatan mana yang mengalamai kerusakan,Kamu bisa menghidupkan satu persatu alat elektronik kamu.

Jika saat mencolokan salah satu alat listrik dan tiba-tiba MCB jeglek,sudah di pastikan terahir yang kamu nyalakan tersebut yang menyebabkan konslet pada meteran.

Saran kami,segera di perbaikai di pastikan peralatan tersebut ada kebocoran,lembab atau konsleting pada bagian kabelnya.

Instalasi listrik Konsleting

Konsleting pada instalasi listrik mudah sekali kita deteksi.Hal ini penyebab MCB kamu jegleks ecara tiba-tiba.dan ketika di naikan kembali,selang beberapa detik,MCB banting kembali.

Jika kejadian ini terjadi,maka bisa kita simpulkan,jika ada salah satu instalasi di rumah kami mengalami kebocoran/konsleting.

Konsleting atau bahasa kerennya short circuit di akibatkan adanya hubungan antara kabel fasa dan kabel netral baik secara langsung maupun tidak langsung.

Hal inilah yang menyebabkan lonjakan arus listrik teralu tinggi,sehingga MCB mendeteksi selanjutnya akan memutuskan daya listrik tersebut.

Sekian semoga berguna dan bermanfaat.