8 Fungsi Kapasitor Keramik Selain Penyimpanan Muatan

Avatar photo

Kapasitor keramik adalah jenis kapasitor yang menggunakan bahan keramik sebagai dielektriknya. Memiliki berbagai ukuran dan bentuk, dari yang sangat kecil hingga ukuran yang lebih besar.

Kapasitor keramik sangat umum digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik karena ukurannya yang kecil, stabilitas yang baik, dan kisaran kapasitansi yang luas.

Kapasitor keramik memiliki beberapa fungsi dan aplikasi dalam rangkaian elektronik. Beberapa fungsi utama kapasitor keramik adalah sebagai berikut:

Penyimpanan Muatan Listrik

Fungsi Kapasitor Keramik

Kapasitor keramik mampu menyimpan dan mempertahankan muatan listrik. Mereka dapat menyimpan energi listrik dan melepaskannya dengan cepat saat diperlukan.

Baca juga: 5 Contoh Perubahan Energi Cahaya Menjadi Energi Listrik adalah

Ini membuatnya berguna dalam aplikasi seperti pulsa kuat, penyalaan cepat, dan pemulihan energi.

Penstabil Tegangan

Kapasitor keramik dapat digunakan untuk menstabilkan tegangan dalam rangkaian.

Mereka bekerja dengan cara menyerap perubahan tegangan yang terjadi dan mengeluarkannya saat terjadi penurunan tegangan yang sementara.

Dengan demikian, kapasitor keramik membantu menjaga kestabilan tegangan dan mencegah fluktuasi yang tidak diinginkan.

Baca juga: Kipas Angin Mengubah Energi Listrik Menjadi Energi ?

Filter Frekuensi Rendah

Kapasitor keramik dapat digunakan dalam filter frekuensi rendah. Memungkinkan frekuensi rendah untuk melewati sirkuit dan memblokir frekuensi yang lebih tinggi.

Ini berguna dalam aplikasi seperti penghilang noise atau filtering pada sirkuit audio.

Penstabil Frekuensi

Kapasitor keramik juga digunakan dalam rangkaian osilator dan resonator untuk menjaga frekuensi tetap stabil.

Membantu menjaga frekuensi osilasi yang diinginkan dan mengkompensasi perubahan suhu yang dapat mempengaruhi frekuensi sinyal.

Baca juga: Melihat Persamaan elco 400v 22uf

Pengkopling Sinyal

Kapasitor keramik sering digunakan sebagai pengkopling sinyal antara dua bagian sirkuit. Mereka mengizinkan sinyal AC untuk melewati sambil menghalangi aliran arus DC.

Dengan demikian, mereka menghubungkan sirkuit tanpa mempengaruhi komponen DC lainnya.

Perlindungan Terhadap Transien

Kapasitor keramik memiliki kemampuan untuk menyerap dan membuang energi transien yang disebabkan oleh lonjakan tegangan atau pulsa yang singkat.

Dapat melindungi komponen lain dalam rangkaian dari kerusakan yang disebabkan oleh transien tersebut.

Bypassing atau Decoupling

Kapasitor keramik sering digunakan sebagai kapasitor bypass atau decoupling.

Dipasang secara paralel dengan sumber daya atau komponen sensitif untuk menyediakan jalur rendah impedansi untuk membuang noise dan fluktuasi tegangan yang tidak diinginkan.

Baca juga: 7 Jenis Kapasitor dan Fungsinya Komplit

Perlu dicatat bahwa kapasitor keramik memiliki beberapa kekurangan, seperti memiliki tingkat kebocoran yang relatif tinggi dan sensitif terhadap tegangan arus searah.

Oleh karena itu, dalam beberapa aplikasi, seperti aplikasi yang membutuhkan ketepatan kapasitansi yang tinggi atau rentang suhu yang luas, mungkin diperlukan jenis kapasitor yang lain.

Sebagai informasi tambahan, spesifikasi dan karakteristik spesifik untuk kapasitor keramik dapat ditemukan dalam datasheet kapasitor yang diberikan oleh produsen.