6 Fungsi Transistor BC547 Pada Elektronik

Avatar photo

Transistor BC547 adalah salah satu transistor jenis NPN (Negative-Positive-Negative) yang sering digunakan dalam berbagai aplikasi elektronik sebagai komponen penguat atau saklar.

Transistor ini sangat umum digunakan dalam rangkaian elektronik karena sifatnya yang serbaguna dan harganya yang terjangkau.

Berikut adalah beberapa fungsi dan aplikasi umum dari transistor BC547:

Fungsi Transistor BC547

Transistor BC547 dapat digunakan sebagai penguat sinyal listrik. Ketika digunakan dalam konfigurasi penguat, transistor ini memperkuat sinyal masukan dan mengeluarkannya sebagai sinyal keluaran yang lebih besar.

Transistor BC547

Ini berguna dalam aplikasi seperti amplifier audio, penguat sinyal radio frekuensi, dan banyak lagi.

👉👉 Cek Harga di shopee

Saklar

Transistor BC547 juga dapat berfungsi sebagai saklar elektronik. Ketika diberi tegangan pada basisnya, transistor akan aktif dan memungkinkan arus mengalir melalui kolektor dan emitternya.

Ketika tegangan basisnya tidak ada, transistor menjadi tidak aktif dan arus tidak mengalir. Hal ini berguna dalam berbagai aplikasi saklar, seperti dalam rangkaian kontrol otomatis, sirkuit proteksi, dan lain-lain.

Oscillator:

Transistor BC547 bisa digunakan sebagai bagian dari rangkaian osilator untuk menghasilkan gelombang osilasi pada frekuensi tertentu, yang berguna dalam aplikasi seperti pembangkit gelombang sinus atau gelombang persegi.

Detektor:

Dalam beberapa rangkaian detektor, transistor BC547 dapat digunakan untuk mendeteksi perubahan sinyal atau sebagai bagian dari rangkaian pemotong gelombang.

Baca juga : Memahami Sistem Kapasitor untuk Listrik 2200 Watt

Inverter:

Dalam aplikasi logika digital, transistor BC547 bisa digunakan sebagai bagian dari rangkaian inverter, yang mengubah sinyal logika tinggi menjadi rendah dan sebaliknya.

Sensor:

Beberapa sensor sederhana, seperti sensor cahaya atau sensor suhu, dapat menggunakan transistor BC547 dalam rangkaian penerima atau pengubah sinyal.

Penggunaan transistor BC547 mungkin berbeda dalam setiap aplikasi dan rangkaian tertentu. Sebelum merancang atau mengimplementasikan rangkaian dengan transistor ini.

Spesifikasi transistor bc547

Berikut adalah beberapa spesifikasi umum dari transistor BC547:

Baca juga : Cara Kerja Kapasitor Penghemat Listrik 900 vs 1300 Watt

  1. Tipe Transistor: NPN (Negative-Positive-Negative)
  2. Nama dan Nomor Model: BC547
  3. Paket: TO-92 (Tipe luar bentuk bulat kecil yang umum digunakan untuk transistor)
  4. Tegangan Kolektor-Maksimum (Vceo): Sekitar 45 V
  5. Arus Kolektor-Maksimum (Ic): Sekitar 100 mA
  6. Daya Kolektor-Maksimum (Pc): Sekitar 500 mW
  7. Tegangan Basis-Maksimum (Vbe): Sekitar 6 V
  8. HFE (Gain DC Forward Current Transfer Ratio): 100 – 800 (nilainya dapat berbeda-beda untuk setiap transistor)
  9. Frekuensi Maksimum (fT): Sekitar 100 MHz
  10. Jenis Materi Semikonduktor: Silikon
  11. 👉👉 Cek harga di shopee

Transistor BC547 adalah transistor yang serbaguna dan umum digunakan untuk berbagai aplikasi, terutama dalam rangkaian penguat dan saklar. Spesifikasi ini dapat bervariasi sedikit tergantung pada produsen dan batch produksi tertentu.

Baca juga : Memahami Sistem Kapasitor untuk Listrik 2200 Watt

Perlu diingat bahwa saat menggunakan transistor atau merancang rangkaian dengan transistor BC547, penting untuk mengacu pada lembar data (datasheet) transistor tersebut.

Lembar data akan memberikan informasi lebih rinci tentang karakteristik dan batasan penggunaan transistor tersebut, sehingga Anda dapat memastikan kinerjanya sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda.