4 Penyebab Meteran Listrik Prabayar Error

4 Penyebab Meteran Listrik Prabayar Error 2018

Meteran Listrik Prabayar Error – Listrik prabayar merupakan listrik yang sistem pembayarannya di awal dan cara penggunaannya harus mengisi voucher pulsa dahulu sebelum Anda menggunakannya.

Advertisements

Meteran listrik prabayar sering mengalami error. Untuk mengetahui apa saja penyebabnya, akan dijelaskan pada ulasan berikut. Inilah 4 penyebab meteran listrik prabayar error.

Listrik prabayar sudah mulai digunakan sejak beberapa tahun terakhir. Listrik prabayar ini diprediksi akan menggantikan listrik pascabayar yang selama ini digunakan oleh masyarakat.

4 Penyebab Meteran Listrik Prabayar Error

  1. Kualitas kabel yang digunakan

Kualitas kabel yang digunakan pada instalasi listrik di rumah Anda berpengaruh terhadap meteran listrik prabayar. Baca Cara Menghubungi Layanan PLN 123

Jika kabel di bawah standar Anda gunakan untuk instalasi listrik, maka hal tersebut dapat memunculkan error pada meteran listrik prabayar.

Sebaiknya gunakanlah kabel listrik standar dengan diameter 1,5 mm. Apabila menggunakan kabel di bawah standar tersebut, maka error dapat muncul pada meteran listrik Anda. Meskipun sepele, penggunaan kabel untuk instalasi listrik perlu diperhatikan betul-betul agar terhindar dari error.

  1. Tidak stabilnya tegangan listrik

Keadaan tegangan listrik yang labil atau dengan kata lain naik turun dapat mengakibatkan munculnya tulisan error pada meteran listrik prabayar.

Untuk menghindari hal tersebut, jangan gunakan perangkat elektronik berlebihan atau melebihi kapasitas meteran Anda. Karena justru akan dapat menyebabkan tegangan listrik naik turun. Baca CEK TAGIHAN LISTRIK ONLINE

Advertisements
  1. Salah dalam pemasangan ground

Pemasangan ground yang salah dapat menyebabkan error pada meteran listrik prabayar. Untuk mencegah hal tersebut, seharusnya ground dipasang terlebih dahulu sebelum memasang kWh meter. Ini akan meminimalisir terjadinya error pada meteran.

Tentu Anda tidak ingin listrik di rumah Anda bermasalah. Sebaiknya Anda mengetahui 4 penyebab meteran listrik prabayar error. Dengan demikian, Anda dapat terhindar dari tulisan error pada meteran listrik prabayar.

  1. Arus listrik tidak sesuai

Aliran arus listrik yang berjalan tidak semestinya biasa diakibatkan oleh adanya sambungan kabel yang terkelupas maupun longgar.

Hal tersebut juga dapat memicu error pada meteran listrik Anda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk selalu memeriksa keadaan instalasi listrik di rumah mulai dari peralatan, kabel, meteran dan sebagainya yang terhubung serta menghubungkan dengan arus listrik.

Apabila Anda menemukan tulisan error pada meteran listrik di rumah Anda, untuk mengatasinya jangan coba-coba melakukan hal sembarangan yang justru dapat merugikan Anda. Segeralah Anda menghubungi petugas PLN dengan nomer telepon 123.

Kemungkinan error bisa jadi karena masalah instalasi maupun teknis. Kemudian, biasanya pihak PLN akan mereset ulang meteran Anda yaitu dengan memberi kode reset yang berisi 20 digit. Baca Meteran Listrik Pulsa Bermasalah, Boros, Kenapa

Demikianlah tadi 4 penyebab meteran listrik prabayar error pada rumah Anda. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan. Demi keamanan dan keselamatan, Anda harus tetap waspada dan hati-hati saat memperbaiki atau menggunakan listrik.

Advertisements

Tinggalkan Balasan