Perangkat Keras Komputer Berfungsi Mengubah Sinyal Digital Menjadi Sinyal Suara Dinamakan

Avatar photo

Sound card adalah salah satu komponen perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara.

Berperan penting dalam menghasilkan output audio yang dapat didengar oleh pengguna komputer melalui speaker atau headphone.

Tanpa sound card, komputer tidak akan bisa mengeluarkan suara sama sekali.

Cara Kerja Sound Card

Sound card bekerja dengan cara menerima data audio digital dari prosesor atau memori, kemudian mengubahnya menjadi data audio analog yang sesuai dengan frekuensi dan amplitudo suara.

Perangkat Keras Komputer Berfungsi Mengubah Sinyal Digital Menjadi Sinyal Suara Dinamakan

Data audio analog ini kemudian dikirim ke amplifier yang akan memperkuat sinyal suara dan mengirimkannya ke speaker atau headphone.

Sound card juga dapat menerima input audio analog dari mikrofon atau perangkat lain, kemudian mengubahnya menjadi data audio digital yang dapat diproses oleh komputer.

Baca Juga : Menghitung Tarif Listrik Bisnis Per KWH

Data audio digital ini dapat digunakan untuk merekam suara, melakukan komunikasi suara, atau mengedit audio.

Jenis-Jenis Sound Card

Sound card dapat dibedakan berdasarkan cara pemasangannya pada komputer. Ada tiga jenis sound card, yaitu:

Onboard:

Sound card yang sudah terintegrasi dengan motherboard. Keuntungan dari sound card onboard adalah tidak memerlukan slot tambahan pada komputer dan lebih hemat biaya. Namun, kualitas suara yang dihasilkan biasanya kurang bagus dan tidak dapat diupgrade.

Offboard:

Sound card yang dipasang secara terpisah dari motherboard. Biasanya memiliki kualitas suara yang lebih baik dan dapat diupgrade sesuai kebutuhan. Namun, sound card offboard memerlukan slot PCI atau PCIe tersedia pada komputer dan lebih mahal.

Baca Juga : 150 Tabel Persamaan Mosfet Lengkap Komplit

Card external:

Sound card yang berbentuk perangkat eksternal yang terhubung dengan komputer melalui port USB, FireWire, atau Bluetooth. Memiliki kelebihan dalam hal portabilitas dan kompatibilitas dengan berbagai jenis komputer. Namun, sound card external juga memiliki keterbatasan dalam hal performa dan daya tahan.

Fungsi-Fungsi Sound Card

Sound card memiliki beberapa fungsi utama, yaitu:

Menghasilkan output audio:

Sound card berfungsi untuk mengeluarkan suara dari komputer ke speaker atau headphone. Output audio dapat berupa musik, suara game, suara film, atau suara lainnya.

Menerima input audio:

Sound card berfungsi untuk menerima suara dari mikrofon atau perangkat lain ke komputer. Input audio dapat digunakan untuk merekam suara, melakukan komunikasi suara, atau mengedit audio.

Baca Juga : Call Center PLN WhatsApp Lebih Cepat Gratis

Mengolah audio:

Sound card berfungsi untuk melakukan pengolahan audio seperti menambahkan efek, menyaring noise, menyesuaikan volume, atau melakukan mixing. Pengolahan audio dapat dilakukan dengan bantuan software atau hardware tambahan.

Cara Memilih Sound Card

Sound card merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas audio yang dihasilkan oleh komputer. Oleh karena itu, penting untuk memilih sound card yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih sound card:

Kebutuhan:

Menentukan kebutuhan Anda terhadap sound card. Apakah Anda hanya ingin mendengarkan musik atau film, atau Anda juga ingin merekam atau mengedit audio?

Apakah Anda membutuhkan kualitas suara tinggi atau standar? Apakah Anda sering menggunakan speaker atau headphone?

Baca Juga : Listrik 900 Watt Bisa Pasang AC 1/2 PK?

Kompatibilitas:

Memastikan bahwa sound card yang Anda pilih kompatibel dengan komputer Anda. Apakah sound card tersebut cocok dengan slot motherboard Anda?

Mendukung sistem operasi dan driver yang Anda gunakan? Apakah sound card tersebut memiliki port dan konektor yang sesuai dengan perangkat audio Anda?

Fitur:

Anda perlu membandingkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh sound card yang Anda pilih. Apakah sound card tersebut memiliki frekuensi sampling, bit depth, dan channel output yang cukup?

Fitur surround sound, equalizer, noise reduction, atau DSP? Apakah sound card tersebut memiliki garansi dan dukungan teknis?

Baca Juga : Listrik 900 Watt Bisa Pasang AC dan Kulkas, Asalkan

Harga:

Anda perlu menyesuaikan harga sound card dengan anggaran Anda. Apakah sound card tersebut sesuai dengan kualitas dan fitur yang Anda inginkan? Memiliki nilai lebih dibandingkan dengan sound card lain yang seharga?

Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda tentang sound card. Terima kasih telah membaca.