Pada Tahun Berapa Pada Saat itu Komputer Menggunakan Teknologi Transistor

Avatar photo

Transistor pertama kali ditemukan pada tahun 1947 oleh John Bardeen, Walter Brattain, dan William Shockley di Laboratorium Bell Labs.

Transistor merupakan inovasi yang menggantikan tabung vakum dalam banyak aplikasi elektronik, termasuk komputer.

Teknologi transistor mulai diadopsi dalam komputer sekitar akhir 1950-an dan awal 1960-an.

Pada masa ini, transistor digunakan untuk menggantikan tabung vakum dalam sirkuit-sirkuit penguat dan switch dalam komputer, yang menghasilkan komputer yang lebih kecil, lebih andal, dan lebih efisien dari segi daya.

Penggunaan transistor Komputer pertama

Salah satu tonggak awal dalam penggunaan transistor dalam komputer adalah diadopsinya teknologi transistor dalam komputer “IBM 7090” yang diperkenalkan pada tahun 1959.

Pada Tahun Berapa Pada Saat itu Komputer Menggunakan Teknologi Transistor

IBM 7090 adalah salah satu komputer awal yang menggunakan transistor, dan ini merupakan salah satu contoh awal penggantian tabung vakum dengan transistor dalam komputer besar.

Namun, penerapan teknologi transistor dalam komputer tidak berarti semua komponen menjadi transistors.

Pada awalnya, komputer masih menggunakan sejumlah besar komponen lain termasuk resistor, kapasitor, dan koneksi kawat.

Baca juga : Memahami Genset 10 KVA Berapa Watt

Evolusi selanjutnya dalam teknologi semikonduktor dan miniaturisasi mengarah pada pengembangan sirkuit terpadu (IC) yang lebih kompleks, mengintegrasikan berbagai komponen dalam chip tunggal.

Jadi, meskipun teknologi transistor ditemukan pada akhir 1940-an, penggunaan praktis dalam komputer dimulai pada akhir 1950-an dan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi semikonduktor.

Transistor komputer generasi berapa?

Transistor digunakan dalam komputer sejak generasi kedua dan seterusnya. Berikut adalah gambaran umum tentang penggunaan transistor dalam berbagai generasi komputer:

Transistor komputer

Generasi Pertama (1940-an hingga awal 1950-an):

Komputer generasi pertama masih menggunakan tabung vakum sebagai komponen utama. Contoh komputer generasi pertama termasuk ENIAC dan UNIVAC.

Generasi Kedua (Awal 1950-an hingga pertengahan 1960-an):

Transistor ditemukan pada tahun 1947, tetapi baru dalam generasi kedua komputer transistor mulai digunakan secara luas.

Komputer pada generasi ini masih menggunakan tabung vakum, tetapi sejumlah komponen dan sirkuit yang lebih kecil telah digantikan oleh transistor, memungkinkan komputer lebih kecil dan lebih andal.

Contoh komputer generasi kedua termasuk IBM 7090 dan CDC 1604.

Generasi Ketiga (Akhir 1950-an hingga 1960-an):

Generasi ketiga komputer terutama menggunakan transistor, dengan penggunaan transistor semakin dominan dibandingkan tabung vakum.

Baca juga : Genset 10000 Watt Berapa KVA

Transistor memungkinkan komputer menjadi lebih efisien dalam hal daya dan ukuran. Contoh komputer generasi ketiga adalah IBM 1401 dan CDC 3600.

Generasi Keempat (1960-an hingga 1970-an):

Pada generasi keempat, teknologi transistor semakin matang dan sirkuit terpadu (IC) mulai digunakan.

IC adalah rangkaian kompleks yang terdiri dari banyak transistor dan komponen lainnya yang diintegrasikan dalam satu chip.

Generasi ini juga menyaksikan perkembangan komputer mini dan mikrokomputer awal. Contoh komputer generasi keempat adalah IBM System/360 dan DEC PDP-8.

Generasi Kelima (1970-an hingga 1980-an):

Generasi kelima komputer terus mengalami peningkatan dalam hal kecepatan dan kapasitas pemrosesan.

Penggunaan IC semakin meluas, dan mikroprosesor (IC yang mengandung unit pemrosesan pusat) mulai muncul.

Mikrokomputer juga semakin populer, membawa komputer ke rumah dan tempat kerja. Contoh komputer generasi kelima adalah IBM PC dan Apple II.

Baca juga :4 Merek MCB yang Bagus Untuk Daya 900 Watt

Penggunaan transistor terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi, dan saat ini kita berada dalam era komputer generasi yang lebih tinggi yang melibatkan mikroprosesor yang semakin canggih.

Teknologi sirkuit terpadu yang sangat kompleks, dan penggunaan teknologi lainnya seperti optik dan kuantum dalam pengembangan komputer masa depan.

Komputer generasi pertama Sebelum Kapasitor

Meskipun teknologi tabung vakum adalah terobosan besar pada masanya dan memungkinkan pengembangan komputer awal.

Komputer generasi pertama Sebelum Kapasitor

Tabung vakum memiliki beberapa keterbatasan, termasuk ukuran yang besar, konsumsi daya yang tinggi, rentan terhadap kerusakan dan kegagalan, serta memerlukan waktu pemanasan sebelum beroperasi secara optimal.

Baca juga : Cara Paralel Transistor Final Toshiba 2 Set

Beberapa komputer generasi pertama yang menggunakan tabung vakum sebagai komponen utama termasuk:

ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer):

Disebut sebagai “komputer pertama yang dapat diatur,” ENIAC adalah komputer besar yang dibangun selama Perang Dunia II untuk melakukan perhitungan kompleks.

Komputer ini menggunakan ribuan tabung vakum untuk memproses data.

UNIVAC I (Universal Automatic Computer I):

UNIVAC I adalah komputer komersial pertama yang beroperasi dan menggunakan tabung vakum. Ini digunakan untuk berbagai aplikasi, termasuk perhitungan ilmiah dan bisnis.

EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer):

EDVAC adalah salah satu desain komputer generasi pertama yang mengusulkan konsep penyimpanan program di dalam memori komputer.

Baca juga : 5 Final Transistor yang Bagus Untuk Bass

Meskipun EDVAC tidak pernah dibangun secara penuh pada waktu itu, konsepnya mempengaruhi perkembangan komputer selanjutnya.

BINAC (Binary Automatic Computer):

BINAC adalah komputer generasi pertama yang memiliki dua modul pemrosesan, dan ini adalah salah satu contoh awal dari komputer yang menggunakan tabung vakum.