Mengatasi Meteran PLN Muncul Ada Gambar Tangan

Di Layar meteran listrik terdapat banyak simbol beragam untuk menandakan kejadian ataupun eror pada meteran tersebut.Salah satunya dengan muncul gambar tangan pada layar meteran listrik.

Hal inilah sering membuat hati kita bingung kenapa muncul gambar tangan pada layar meteran listrik.Supaya tidak muter-muter dan langsung ke pokok permasalahan.silahkan di baca sampai habis beberapa penyebab meteran listrik muncul gambar tangan pada bagian layar seperti gambar di bawah.

Advertisements

Penyebab muncul gambar tangan pada meteran

1.Ada masalah injeksi pada bagian arus listrik terutama pada bagian fase atau bagian netral.

2.Pada bagian kabel netral ada yang terhubung atau konsleting ke bagian kabel Ground.

3.Banyak tidak sadar jika instalasi anda menggunakan kabel ground sebagai netral.

4.Pada bagian kabel netral,sudah melawati batas pengatur tegangan

5.Dan ini paling sering terjadi,ada induksi medan magnet cukup besar di dekat Meteran listrik prabayar.

Silahkan di teliti dan di amati,apa penyebab meteran listrik anda di rumah muncul gambar periksa menurut kejadian yang telah kami sebutkan di atas.

Nantinya jika sudah ketemu,kita akan lebih mudah untuk melakukan perbaikan dan menemukan pokok permasalahan nya.Untuk lebih cepat mengetahui penyebab eror dan muncul gambar tangan pada meteran,bisa di lakukan dengan cara berikut.

Berbagai Tulisan Peringatan Pada Layar meteran

Supaya anda di rumah lebih tahu mengenai kode ataupun gambar mucul pada LCD meteran dan tata cara mengatasi.Ya setidaknya anda sudah mengetahui penyebab eror pada meteran pln jika muncul kode berikut .Silahkan di lihat pada gambar di bawah.

Advertisements

Mengetahui Meteran Listrik Eror

1.Sebelumnya Off kan dulu MCB pada meteran

2.Pada bagian tombol meteran tekan 44  lalu enter untuk melihat berapa sih besar amper nya.Untuk standar MCM pada posisi mati,Biasanya memiliki amper 0.00 A. Jika saat di cek muncul nilai angka,Maka bisa di pastikan jika instalasi listrik di rumah anda mengalami kebocoran.

3.Lakukan pengecekan manual ke bergai sub MCB instalasi.Supaya lebih mudah bisa menggunakan tank amper.

4.Selanjutnya cek di bagian kabel sub MCB,lalu tekan 44 pada meteran,lihat nilai amper yang muncul.

5.Jika sudah ketemu bagian instalasi yang bocor,Kabel silahkan di lepas,selanjutnya cek kembali di meteran.jika hasilnya 0-00A berarti arus sudah normal dan gambar tangan pada bagian meteran akan hilang.

Mengatasi Meteran PLN Muncul Ada Gambar Tangan

Saran kami,Untuk melakukan pemasangan harus menggunakan kabel SNI supaya tidak ada kerusakan ataupun eror pada meteran listrik.Sebab meteran ini menggunakan beberapa sensor canggih untuk mendeteksi masalah dan ngangguan pada arus kelistrikan.

Perlu anda ketahui juga,jika meteran listrik prabayar saat ini sudah menggunakan dua sensing arus fasa dan netral.Hal ini berfungsi untuk mendeteksi apabila di instalasi timbul perbedaan di sisi fasa dan netral,Maka pada layar meteran akan muncul gambar tangan tersebut.

Semoga tulisan ini bisa membantu dan bermanfaat..

Tinggalkan Balasan