Mengatasi Dan penyebab Meteran Listrik Tidak Bisa Diisi Pulsa

Keluhan pertama dan paling sering di adukan ke pihak PLN adalah saat akan melakukan isi Token ke meteran listrik,Token gagal terisi dan tidak bisa di input.Ada beberapa faktor dan penyebab jika meteran listrik gagal diisi pulsa.

Bisa di bayangkan jika hal ini terjadi pada anda pada malam hari dan saldo pada meteran listrik anda sudah habis,tentu hal ini akan membuat anda jengkel dan suara alarm yang terus berbunyi .berikut ini kami jabarkan beberapa faktor dan cara cepat untuk mengatasi hal tersebut.

Server PLN Sedang Eror

Advertisements

Salah satu penyebab meteran listrik tidak bisa di isi pulsa karena server pusat PLN sedang mengalami eror.Dan ini lumrah juga sering terjadi.Solusi nya silahkan tunggu beberapa saat dan nanti silahkan mencoba kembali.

Ketik kode 456 pada meteran listrik Ketik jumlah limit yang diinginkan, bisa 15, 10, atau bahkan 05 kwh Tekan ENTER, maka standar limit meteranmu akan berubah

Pastikan Benar Dalam menginput Kode Token

Saat anda di rumah ingin memasukan Token listrik ke Meteran,pastikan benar dalam menginputnya.pastikan kode token berjumlah 20 angka lalu setelah di input ke meteran listrik,selanjutnya Tekan enter.

Meteran Listrik Eror Tulisan Periksa

Hal ini juga sering terjadi dan belum banyak di ketahui oleh banyak orang,Jika meteran listrik dan di rumah eror,Maka bisanya akan muncul kode a tau gambar tangan pada layar meteran,Selain itu juga akan muncul tulisan periksa.

Jika hal ini yang terjadi,Maka jalan satu-satu nya anda hanya bisa menghubungi pihak pln dan nantinya pegawai pln akan datang untuk membuka blokir atau menghilangkan gambar tangan atau tulisan periksa tersebut .

KWH meteran over limit

Hal ini terjadi jika anda memasukan batas maksimal dan kurun waktu satu bulan. Metode ini di terrapkan oleh pihak pln supaya pelanggan bisa menggunakan listrik secara wajar dan bisa belajar hemat.

Nah sesuai pengalaman saya sendiri,Jika saat akan mengisi token listrik selalu gagal.Mungkin cara berikut bisa di terapkan.

Jika Muncul Gambar tangan serta lampu indikator hidup di bagian orange pada layar meteran listrik anda,Maka penyebab utama nya bisa seperti berikut.

1. Ada grounding yang bergabung dengan Nol Instalasi baik di Box Zikring maupun pada Stop Kontak.
2. Netral keluaran Instalasi bergabung dengan Instalasi rumah disebelah nya
3. Ada Pencurian Listrik pada meter Prabayar (sirkit Arus di hubung Singkat)
4. Ada Injeksi Arus pada Kawat Fasa atau Netral
5. Netral pengeluaran KWH Meter di putus, dan Netral nya menggunakan Grounding
6. Kawat Netral di putus dan dipasang alat pengatur tegangan di Pelanggan
7. Ada induksi Medan Magnet terhadap KWH Meter Prabayar

Solusi dan cara mengatasi jika salah satu terjadi pada meteran listrik anda di rumah,silahkan di lakukan cara berikut.

1. Siapkan Tang Ampere
2. MCB dibawah KWH Meter di OFF kan
3. Cek 44 Enter, apakah ada arus bocor?
4. Kalau ada Nilai, Buka Box Zikring Pelanggan, cari dengan Tang Ampere kebocoran Arus yng nilai nya sama dengan hasil dari 44 Enter.
5. Kalau sudah ketemu, lepaskan kabel yang menyebabkan ada kebocoran Arus
6. Cek lagi 44 Enter, kalau sudah Nol nilanya, maka kebocoran Arus sudah hilang

Muncul Tulisan Periksa Pada Layar Meteran Listrik

Nah jika permasalah ini terjadi,Maka sudah bisa di pastikan,Jika meteran listrik anda tidak bisa di isi Token pulsa.Jalan satu satunya adalah dengan menghubungi pihak PLN dengan menelepon ke nomer (kode area) 123 .

Selain itu,anda juga bisa meminta Kode clear temper pada pln unit setempat .Biasanya paling sering di lakukan dengan menghubungi No tlp di atas,Nanti nya pihak pln bagian lapangan akan datang ke alamat rumah anda.

Meteran Muncul Tulisan Loc Out

Selain di kejadian di atas,ada juga pelanggan pln mengalami muncul nya tulisan Loc Out pada layar meteran,Hal ini menandakan jika ada swith atau segel pln terbuka dan ini sangat jarang terjadi.

Meteran Listrik Rusak

Salah satu penyebab utama meteran listrik tidak bisa di isi pulsa adalah meteran mengalami kerusakan.Jika ini menimpa anda,Maka yang bisa anda lakukan di rumah dengan menghubungi pihak pln dengan nomer yang telah kami cantumkan di atas,Nantinya akan di lakukan pergantian meteran listrik secara gratis oleh pihak pln.

Meteran Listrik Berkedip Merah

Pada semua meteran listrik di bekali dengan 3 lampu indikator Hijau,kuning dan merah yang semua nya memiliki kode arti tersendiri.

Advertisements
  • Hijau menandakan jika kWh meter menerima aliran listrik.
  • Merah akan berkedip setiap saat, menandakan jika pemakaian listik mencapai 1 kW.
  • Kuning menandakan jika ada masalah pada jaringan kabel pada rumah.

Jika meteran di rumah tidak bisa di isi Pulsa,silahkan di perhatikan bagian lampu indikator nya.Lampu warna apa yang hidup,Dengan begitu permasalahan bisa segera di atasi.

Beberapa Kode Lengkap Meteran Listrik

Untuk menambah pengetahuan mengenai meteran listrik,Tidak ada salah nya jika kami berikan beberapa kode penting untuk mengatasi jika meteran listrik anda di rumah mengalami kerusakan salah satunya dengan tidak bisa di isi pulsa.

Saat ini di indonesia memiliki beberapa merek meteran listrik dan kesemua nya memiliki tombol menu berbeda.Jadi pastikan sama dengan merek meteran yang anda gunakan di rumah.

Meteran Listrik Merek CONLOG

Kode Meteran Listrik Merek GLOMET

Meteran Listrik Merek ITRON

Kode Meteran Listrik Merek STAR

Meteran Listrik Merek HEXING

Semoga kode meteran listrik di atas bisa membantu menyelesaikan masalah anda di rumah.Jika bermanfaat silahkan di unduh gambar nya.

Meteran PLN Bunyi Terus menerus.

Banyak pelanggan pln kurang nyaman termasuk saya sendiri dengan adanya Bunyi pada meteran listrik di rumah.Listrik berbunyi bisanya menandakan jika token pada meteran akan habis.Selain itu,Bunyi pada meteran listrik juga memiliki manfaat pada kita untuk mengontrol pemakaian dan memberikan kita tanda jika sebentar lagi listrik akan padam.

Jika anda di rumah merasa ternganggu dengan ada bunyi pada meteran,maka mudah kok kita mengatur nya dengan cara menekan beberapa kode tombol berikut.

Untuk mematikan bunyi Ketik kode 812 pada meteran listrik Tekan tombol ENTER

Anda di rumah juga bisa mengubah kapan waktu alarm meteran listrik berbunyi.Untuk standar PLN di angka 20 KWH biasa nya alarm akan berbunyi.Anda di rumah bisa mengubah sesuai keinginan,Misal di angka 10 KWH alarm baru berbunyi dengan menekan tombol berikut.

  • Ketik kode 456 pada meteran listrik
  • Ketik jumlah limit yang diinginkan, bisa 15, 10, atau bahkan 05 kwh
  • Tekan ENTER, maka standar limit meteran akan berubah

Kesimpulan nya

Jika anda sibuk di rumah akan lebih mudah jika terjadi kerusakan listrik salah satunya muncul tulisan periksa,muncul gambar tangan dan berbagai eror pada meteran listrik anda,Kami sarankan untuk menghubungi call center pln resmi di nomor (kode Area) 123 .

Nanti nya petugas pln akan datang ke alamat rumah memeriksa dan memperbaiki kerusakan listrik anda.

Mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan,Jika tulisan ini ada manfaat jangan lupa bagikan ke pada teman anda..Terimakasih.

Tinggalkan Balasan