Jenis Kapasitor Untuk Mid High Banyak di Gunakan

Avatar photo

Kapasitor untuk mid-high atau sering disebut juga sebagai kapasitor pengaman frekuensi (frequency crossover capacitor) adalah komponen yang digunakan dalam sistem audio untuk memisahkan frekuensi audio antara midrange dan tweeter driver pada speaker.

Kapasitor ini berfungsi sebagai pengatur frekuensi agar midrange driver hanya menerima sinyal audio pada rentang frekuensi yang sesuai untuk suara tengah, sedangkan tweeter driver hanya menerima sinyal audio pada rentang frekuensi tinggi.

Untuk sistem speaker dengan midrange dan tweeter driver, kapasitor yang biasanya digunakan untuk mid-high adalah tipe kapasitor film polipropilena (PP) atau polyester (PET).

Kapasitor film ini memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya cocok untuk aplikasi mid-high pada sistem audio. Beberapa tipe kapasitor yang sering digunakan adalah:

Kapasitor Film Polipropilena (PP)

Kapasitor Film Polipropilena

Kapasitor film PP adalah pilihan populer untuk mid-high karena memiliki karakteristik yang stabil dalam berbagai kondisi dan rentang frekuensi yang luas.

Baca juga : Pahami Ciri Elco yang Bagus Layak Pakai Baca Agar Paham

Kapasitor film PP menawarkan respon frekuensi yang baik, distorsi rendah, dan kemampuan yang baik dalam mempertahankan kualitas audio yang jernih pada frekuensi tinggi.

Kapasitor film PP juga memiliki toleransi yang ketat, sehingga memberikan konsistensi kinerja yang baik.

Kapasitor Film Polyester (PET)

Kapasitor Film Polipropilena

Kapasitor film PET juga merupakan pilihan yang baik untuk mid-high pada sistem speaker.

Kapasitor ini menawarkan karakteristik yang serupa dengan kapasitor film PP, dengan distorsi rendah dan kualitas audio yang bagus pada frekuensi tinggi.

Kapasitor film PET lebih terjangkau dibandingkan PP, sehingga sering digunakan dalam aplikasi audio yang lebih terjangkau namun tetap menghasilkan suara yang baik.

Baca juga : Jenis Kapasitor Sanyo Shimizu dan Cara Pasang

Kedua jenis kapasitor film ini umumnya tersedia dalam berbagai nilai kapasitansi dan tegangan, yang memungkinkan Anda untuk memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan sistem audio Anda.

Dalam sistem speaker yang menggunakan driver midrange, tweeter, dan woofer, kapasitor mid-high ditempatkan pada jalur listrik antara midrange driver dan tweeter driver.

Kapasitor ini bertindak sebagai filter “high-pass” pada jalur tweeter, yang berarti hanya melewatkan frekuensi tinggi dan memblokir frekuensi rendah.

Sebaliknya, kapasitor ini bertindak sebagai filter “low-pass” pada jalur midrange, yang berarti hanya melewatkan frekuensi rendah dan memblokir frekuensi tinggi.

Baca juga : Elco Fungsinya Selain Menyimpan Muatan Listrik

Pemilihan kapasitor yang tepat untuk mid-high harus mempertimbangkan frekuensi cut-off yang diinginkan untuk memisahkan midrange dan tweeter driver.

Nilai kapasitansi kapasitor akan mempengaruhi frekuensi cut-off tersebut. Semakin besar nilai kapasitansi, semakin rendah frekuensi cut-off yang dihasilkan.