Cara Mengukur Elco di PCB Panduan Pemula

Avatar photo

Mengukur kapasitor elektrolitik (elco) di PCB (Printed Circuit Board) memerlukan beberapa langkah yang perlu diikuti dengan hati-hati.

Pastikan Anda telah memahami risiko yang terlibat dalam mengukur komponen di PCB dan selalu berhati-hati untuk menghindari kerusakan pada PCB atau diri Anda sendiri.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengukur kapasitor elektrolitik di PCB:

Peringatan

Pastikan sumber daya pada PCB telah dimatikan dan kapasitor sudah terlepas dari muatan listrik sebelum melakukan pengukuran.

Pastikan Anda menggunakan alat yang tepat dan berpengetahuan tentang penggunaannya untuk menghindari kerusakan pada PCB dan diri sendiri.

Mengukur Elco di PCB

Siapkan Peralatan

Multimeter digital: Pastikan multimeter Anda dapat melakukan pengukuran kapasitansi.

Baca juga: Cara Membedakan Kapasitor Running dan Starting Mudah

Jika memungkinkan, gunakan mode pengukuran kapasitansi pada multimeter, biasanya dilambangkan dengan simbol “C”.

Probe: Persiapkan probe yang cocok untuk menghubungkan multimeter ke kapasitor dan PCB.

Gantungan atau klip probe: Jika memungkinkan, gunakan gantungan atau klip probe untuk memudahkan koneksi dan memegang probe pada posisi yang tepat.

Identifikasi Elco di PCB

Tentukan lokasi kapasitor elektrolitik di PCB. Biasanya, kapasitor elektrolitik berbentuk silinder dengan dua terminal yang menonjol dari PCB.

Baca juga: Fungsi Kapasitor Starting Ketahui Supaya Kamu Paham

Pastikan Anda mengenali kutub positif (biasanya ditandai dengan garis atau tanda plus) dan kutub negatif kapasitor.

Persiapkan PCB

Jika kapasitor dipasang dalam rangkaian, pastikan PCB dalam kondisi mati, dan muatan sudah terbuang dari kapasitor sebelum melanjutkan.

Anda dapat melepaskan kapasitor dari PCB jika dianggap perlu untuk pengukuran yang lebih akurat.

Sambungkan Probe Multimeter

Sambungkan probe multimeter ke terminal kapasitor. Pastikan probe positif terhubung ke kutub positif kapasitor dan probe negatif terhubung ke kutub negatif kapasitor.

Lihat Video di bawah.

Baca Nilai Kapasitansi

Nyalakan multimeter dan setel pada mode pengukuran kapasitansi. Perhatikan hasil pengukuran kapasitansi pada display multimeter.

Baca juga: Sifat Rangkaian Seri Kapasitor Memahami Karakteristik dan Aplikasinya

Nilai kapasitansi akan ditampilkan dalam satuan farad (F) atau mikrofarad (μF), tergantung pada rentang pengukuran multimeter.

Ulangi Pengukuran

Jika perlu, ulangi pengukuran beberapa kali untuk memastikan keakuratan hasil.

Pasang Kembali Kapasitor (Opsional)

Setelah selesai mengukur kapasitor dan yakin dengan kondisinya, Anda dapat memasang kembali kapasitor ke PCB jika sebelumnya telah dilepas.

Baca juga: Cara Mengukur Tegangan Elco 400v Pakai Multimeter

Kesimpulan

Mengukur kapasitor elektrolitik di PCB membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian. Pastikan Anda memahami polaritas kapasitor dan hubungannya dengan PCB dengan benar sebelum mengukurnya.

Jika Anda tidak yakin atau tidak berpengalaman dalam mengukur komponen di PCB, lebih baik minta bantuan dari seseorang yang berpengalaman atau seorang profesional dalam bidang elektronik.