Cara Kerja Transistor BD139 Memahami Prinsip Dasar

Avatar photo

Transistor BD139 adalah salah satu jenis transistor daya tipe NPN yang sering digunakan dalam rangkaian elektronika sebagai penguat arus dan saklar elektronik.

Struktur Transistor BD139

Transistor BD139 memiliki tiga terminal, yaitu Kolektor (C), Basis (B), dan Emitor (E).

Struktur Transistor BD139

Dalam transistor tipe NPN, seperti BD139, terdapat dua lapisan tipe P (positif) yang diapit oleh satu lapisan tipe N (negatif). 👉 Cek harga di Shopee

Lapisan tipe N berperan sebagai basis, sedangkan lapisan tipe P berperan sebagai kolektor dan emitor.

Cara Kerja Transistor NPN

Cara kerja dasar transistor NPN, termasuk BD139, adalah sebagai berikut:

Kondisi Tidak Aktif (Mati):

Pada kondisi tidak aktif, tidak ada arus yang mengalir dari basis ke emitor. Lapisan tipe N (basis) berfungsi sebagai penghalang bagi aliran arus.

Baca juga : 3 Jenis Transistor Final yang Bagus Untuk Middle

Sehingga, tidak ada arus yang mengalir dari kolektor ke emitor dan transistor berada dalam kondisi mati atau tidak menghantarkan arus.

Kondisi Aktif (Aktif Penuh):

Ketika arus kecil diberikan pada terminal basis (B), elektron-elektron pada lapisan tipe N (basis) menerima energi dan bergerak dari basis ke emitor.

Proses ini menciptakan lebih banyak lubang di lapisan tipe N. Elektron dan lubang ini bergabung di lapisan tipe N, yang menghasilkan arus dari kolektor (C) ke emitor (E).

Transistor BD139 sekarang dalam kondisi aktif penuh atau menghantarkan arus maksimum.

Kondisi Aktif Terbatas (Saturasi)

Jika arus basis terlalu besar, semua elektron di lapisan basis akan bergerak ke lapisan emitor, menyebabkan transistor mencapai kondisi saturasi.

Baca juga : Transistor Toshiba NPN dan PNP Jenis Perbedaan dan Fungsi

Transistor di saturasi memiliki arus kolektor maksimum yang ditentukan oleh karakteristik transistor tersebut.

Penggunaan Transistor BD139

Transistor BD139 banyak digunakan dalam aplikasi penguat daya dan saklar elektronik. Dalam rangkaian penguat daya, transistor BD139 digunakan untuk memperkuat sinyal arus ke tingkat yang lebih tinggi.

Sementara dalam rangkaian saklar, transistor ini digunakan sebagai saklar elektronik untuk mengendalikan aliran arus pada rangkaian lain.

Transistor BD139 adalah jenis transistor daya NPN yang berperan penting dalam aplikasi elektronika.

Baca juga : 10 Daftar Jenis Transistor PNP Plus Contohnya

Dengan memahami cara kerjanya sebagai penguat arus dan saklar elektronik, kita dapat merancang dan menggunakan transistor BD139 secara efisien dan efektif dalam berbagai proyek elektronika.

Transistor ini menjadi salah satu komponen krusial yang memungkinkan perangkat elektronika modern berfungsi dengan baik dan memberikan manfaat bagi berbagai aplikasi teknologi.