3 Penyebab MCB listrik sering turun

Listrik tiba-tiba padam dan ini akan sangat menjengkelkan kamu di rumah,apalagi jika listrik turun di tengah malam,tentu akan membuat seisi rumah kelebakan.

Jika kamu awam mengenai listrik dan meteran MCB kamu sering turun secara tiba-tiba,ada tiga penyebab yang kamu wajib cek baik di bagian MCB,instalasi maupun barang elektronik yang kamu pakai.

Beban listrik melonjak

Kegunaan mcb sendiri sebagai pemutus arus jika ada lonjakan secara tiba-tiba pada tegangan listrik.Selain itu,MCb juga berguna untuk proteksi arus listrik.

MCB sering turun di akibatkan teralu banyaknya pemakaian di rumah tersebut.supaya mcb tidak sering turun,maka pemakaian alat elektronik dengan daya besar di gunakan se

cara bergantian,semisal,mesin air,strika listrik,masak nasi dll.

MCB rusak

3 Penyebab MCB listrik sering turun

 

MCb listrik sering turun juga di akibatkan oleh kerusakan pada bagian MCB meteran.Gunakan mcb standar sni,mahal sedikit namun memberikan kualitas dan kepuasan kita.

Selain itu,instalasi listrik di rumah akan lebih aman.Kalau penggunaan daya listrik masih wajir dan mcb sering turun dalam beberapa jam kemudian,maka bisa di simpulkan kerusakan terjadi pada bgian MCB.

Kamu bisa memeriksa mcb meteran tersebut,apakah ada bekas gosong yang di akibatkan adanya kabel longgar sehingga menimbulkan percikan api.

Selain itu,kerusakan mcb di akibatkan karena sudah lama di gunakan atau sudah terlalu tua waktunya untuk di ganti.

Instalasi listrik konsleting

Konsleting pada arus listrik akan membuat MCB memutus aliran listrik.konsleting akibat kabel fasa dan netral bersentuhan baik di sengaja atau tidak.

Hal ini bisa di sebabkan oleh kebocoran arus,misal bagian stop kontak,fiting lampu dan cop atau peralatan listrik lainnya.

Ciri instalasi listrik rumah mengalami konsleting saat MCB turun dan kamu naikkan,maka dengan hitungan detik MCB tersebut akan turun kembali,begitu seterusnya sampai pusat konsleting belum di temukan,MCB tidak bisa di naikkan.

MCB memiliki peran snagat penting bagi rumah kamu,selain itu memutus lonjakan arus,beguna untuk mencegah kebakaran akibat konsleting.

Denga otomatis,jika ada kabel atau alat elektronik rusak dan mengalami konsleting,MCB atau turun untuk memutus arus.Dengan demikian,kebakaran pada rumah bisa di netralisir.

Semoga berguna ya teman..