Penyebab Meteran Listrik Pulsa Rusak Plus Cara Memperbaiki

Penyebab Meteran Listrik Pulsa Rusak Plus Cara Memperbaiki 2018

Meteran Listrik Pulsa Rusak – Meteran listrik pulsa beberapa tahun terakhir banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Advertisements

Itu juga merupakan salah satu program dari pemerintah. Listrik pulsa atau lebih dikenal dengan token listrik diklaim sebagai listrik pintar dan modern tetapi ternyata masih mempunyai kekurangan.

Anda pun perlu mengetahui penyebab meteran listrik pulsa rusak plus cara memperbaiki supaya nanti saat pemasangan di rumah Anda tidak kebingungan bila terjadi sesuatu.

Penyebab yang banyak dialami oleh kebanyakan orang adalah muncul tulisan “periksa” pada meteran pra bayar. Apa yang menjadi penyebabnya? Dan bagaimana cara memperbaikinya?

Penyebab Meteran Listrik Pulsa Rusak Plus Cara Memperbaiki

  1. Kelebihan beban pemakaian

Penyebab yang pertama mengapa meteran listrik pulsa sering muncul tulisan PERIKSA adalah adanya beban pemakaian yang berlebih.

Menggunakan meteran listrik pra bayar memang gampang-gampang susah. Apabila pemakaian listrik sangat banyak, tak heran jika akan sering muncul tulisan tersebut. Baca Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun

Namun terkadang jika kelebihan beban maka listrik akan mati total. Bila sudah seperti itu, cara memperbaikinya sangat mudah dan sederhana, Anda tinggal kurangi saja pemakaian listrik di rumah.

Pakailah listrik untuk menghidupkan barang elektronik yang sekiranya penting saja. Carilah alternatif lain untuk penerangan di siang hari atau pemakaian barang elektronik lainnya yang tepat.

  1. Pemasangan instalasi listrik tidak sempurna

Penyebab meteran listrik pulsa rusak plus cara memperbaiki agar tidak mati total memang perlu diketahui.

Advertisements

Penyebab yang kedua mengapa meteran listrik sering rusak dan muncul tulisan PERIKSA adalah karena pemasangan instalasi listrik yang tidak sempurna.

Misalnya adanya pipa kabel yang bocor atau pecah, kemudian pengecoran dinding beton yang kurang sempurna sehingga mempengaruhi instalasi listrik karena adanya kebocoran.

Jika sudah seperti itu, pasti listrik di rumah sering mengalami gangguan dan meteran listrik yang nota bene barang elektronik juga akan mengalami kerusakan atau hang. Baca Meteran Listrik Prabayar Error

Cara memperbaiki yang pertama adalah perbaiki dulu instalasi listrik di rumah kemudian baru reset ulang meteran listrik.

  1. Adanya pemasangan meteran listrik pra bayar yang salah

Penyebab yang ketiga adalah adanya pemasangan meteran listrik pra bayar yang salah. Pemasangan yang salah tersebut seperti pengawatan meteran listrik yang salah. Kalau sudah begitu, Anda bisa memanggil petugas PLN untuk memperbaikinya.

Perihal munculnya tulisan PERIKSA pada meteran listrik pra bayar memang menjadi masalah yang sering kali timbul.

Cara mereset ulang meteran pun tak perlu memanggil petugas PLN karena Anda bisa memperbaikinya di rumah.

Pertama, pastikan seluruh perangkat elektronik di rumah dimatikan terlebih dahulu kemudian matikan saklar listrik selama 10 menit dan hidupkan kembali. Baca Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Ketik 07 lalu tekan enter pada meteran listrik dan pasang kembali perangkat elektronik di rumah. Penyebab meteran listrik pulsa rusak plus cara memperbaiki tersebut semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan