Penyebab MCB Listrik Sering Turun/Banting

Penyebab MCB Listrik Sering Turun/Banting 2018

MCB Listrik Sering Turun – Pernahkah Anda mengalami lampu rumah padam karena aliran listrik yang mati? Padahal saat dilihat ke rumah tetangga, semua menyala kecuali rumah Anda. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh MCB yang turun.

Advertisements

Lantas, apa sebenarnya penyebab mcb listrik sering turun/banting? Kenapa masalah ini seringkali dialami oleh masyarakat? MCB turun dikenal juga dengan sebutan MCB trip.

Agar listrik bisa menyala maka posisi MCB harus dalam keadaan On. Aliran listrik akan terhenti jika piranti ini berubah posisi menjadi Off.

Ada MCB yang saat bisa langsung nyala setelah dinaikkan dan adapula yang justru kembali turun meskipun sudah dinyalakan.

Penyebab MCB Listrik Sering Turun/Banting

Hal ini tentu saja dikarenakan adanya beberapa faktor penyebab. Apa saja penyebabnya? Inilah ulasan lengkapnya. Baca Tarif Listrik Per kWh 900 Watt update

  • Beban listrik

Penyebab mcb listrik sering turun/banting yang sangat sering dialami oleh masyarakat adalah adanya beban listrik yang melebihi batas kapasitas listrik yang tersedia.

Saat rumah Anda dipasang daya listrik sebesar 900w tapi penggunaan peralatan alat elektronik dan lampu melebihi daya listrik yang tersedia, maka MCB tidak akan mampu menahan sehingga membuatnya turun atau trip.

Hal tersebut sangatlah wajar mengingat MCB memang memiliki kegunaan sebagai pembatas pemakaian. Cara mengatasinya tentu saja dengan pemakaian listrik yang lebih diperhatikan.

Perlu diingat bahwa permintaan pergantian MCB oleh PLN tidak dipungut biaya sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan pembiayaannya.

Advertisements
  • MCB mengalami kerusakan

Penyebab lainnya adalah MCB yang mengalami kerusakan. Sekedar informasi bahwa semakin lamanya pemakaian MCB maka semakin mudah pula perangkat ini rusak. Baca Tabel Tarif Dasar Listrik terbaru

Sehingga membuat MC menjadi mudah turun atau jepret sehingga listrik pun mati. Jika memang MCB Anda rusak, maka hanya pihak PLN lah yang bisa mengatasinya.

Sebab pada MCB dan KWH meter, terdapat segel khusus yang tidak boleh dirusak. Jika sampai rusak, maka Anda akan dikenakan denda karena telah melakukan pelanggaran.

  • Korsleting

Penyebab mcb listrik sering turun/banting selanjutnya adalah ada korsleting dalam rumah. Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan korsleting mulai dari kabel instalasi yang keropos, timah lampu yang meleleh, stop kontak rumah kemasukan air, lampu listrik putus, peralatan elektronik yang dipakai secara terus menerus, dan lain sebagainya.

Untuk bisa mengetahui penyebab turunnya MCB, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan semua lampu dan peralatan elektronik. Kemudian nyalakan satu persatu.

Apabila ada satu lampu yang setelah dinyalakan membuat MCB turun, maka bisa dipastikan bahwa penyebabnya adalah korsleting. Baca Mengatasi MCB On Tapi Listrik Mati

Tapi jika MCB tidak bisa kembali ON meskipun semua lampu dan peralatan elektronik dimatikan, maka bisa jadi MCB Anda rusak dan harus segera diganti.

Demikianlah ulasan terkait dengan beberapa penyebab mcb listrik sering turun/banting. Semoga informasi kali ini menambah wawasan Anda.

Advertisements

Tinggalkan Balasan