Penyebab MCB Listrik Panas, Mungkin ini Penyebabnya

Penyebab MCB Listrik Panas, Mungkin ini Penyebabnya 2018

Penyebab MCB Listrik Panas – MCB adalah salah satu bagian dalam instalasi listrik yang sangat penting. Dalam penggunaannya, banyak masyarakat yang menemukan MCB dalam kondisi panas.

Advertisements

Hal ini tentunya sangat mengkhawatirkan karena bisa menjadi pemicu terjadinya kebakaran. Banyak orang yang mempertanyakan MCB panas.

Apa saja penyebab mcb listrik panas,mungkin ini penyebabnya.

  • Puncak penggunaan listrik

Salah satu penyebab MCB panas adalah penggunaan listrik yang sedang puncak-puncaknya. Biasanya, MCB akan terasa panas di malam hari karena semua lampu dalam rumah menyala.

Belum lagi ditambah dengan televisi, kulkas, kipas, AC dan perlengkapan lainnya sehingga membuat MCB harus bekerja lebih keras.

Jika sudah sampai batasnya, maka MCB akan turun atau trip sehingga membuat listrik rumah Anda mati.

Aliran listrik padam karena beban listrik yang berlebihan ini ditandai dengan berpindah posisinya saklar MCB yang awalnya On menjadi Off. BacListrik Mati Tapi Sekring Tidak Turun

  • Material kurang bagus

Penyebab mcb listrik panas,mungkin ini penyebabnya yakni material pembuatannya yang kurang bagus.

Oleh karena itu, sebelum memilih MCB ada baiknya jika Anda mempertimbangkan spesifikasi, kualitas, kemampuannya dalam menahan suhu dan daya tahannya. Apalagi seperti yang diketahui, MCB akan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Kapasitas Ampere melebihi MCB

Penyebab lainnya adalah kapasitas Ampere yang melebihi MCB. Untuk mengetahuinya, cobalah Anda ukur Ampere daya yang tengah digunakan dalam rumah.

Advertisements

Jika ampere yang dipakai mendekati total kapasitas yang mampu ditampung oleh MCB, maka wajar saja jika perangkat ini menjadi lebih mudah panas.

Perlu diketahui bahwa kapasitas ampere sangat dipengaruhi oleh beban listrik. Dimana penggunaan yang terlampau sampai melebihi batas kapasitas dan juga kemampuan MCB dapat menyebabkan suhunya menjadi lebih panas. Baca Sekring Listrik Rumah Sering Putus

  • Kabel MCB longgar

Penyebab mcb listrik panas,mungkin ini penyebabnya yaitu kabel MCB yang berubah posisi atau longgar.

Penyebab ini bisa Anda identifikasi setelah memastikan bahwa tidak ada penggunaan listrik yang berlebihan. Kasus kabel MCB yang goyang atau longgar tergolong cukup sering di kalangan masyarakat.

  • Korsleting

Korsleting pada perlengkapan elektronik atau lampu juga bisa menjadi penyebab MCB panas. Ada banyak hal yang menyebabkan korsleting pada listrik.

Salah satunya adalah ada alat elektronik yang terbakar atau rusak. Selain itu, stopkontak yang rusak juga bisa menyebabkan korsleting pada aliran listrik.

Karena hal inilah suhu MCB akan terasa lebih panas. Biasanya, MCB yang mendeteksi ada korsleting atau kerusakan pada alat elektronik akan langsung turun atau trip.

Nah, saat Anda menyentuh MCB untuk menyalakannya lagi maka akan terasa lebih panas dibandingkan dengan biasanya. Baca Mengatasi Listrik Token Mati Sendiri

Penyebab mcb listrik panas,mungkin ini penyebabnya tersebut memang harus diatasi dengan segera. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya masalah yang lebih besar seperti kebakaran.

Advertisements

Tinggalkan Balasan