Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun

Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun 2018

Mati listrik sering menjadi masalah besar untuk sebagian orang. Karena menghambat berbagai aktivitas yang membutuhkan listrik.

Advertisements

Biasanya, orang menduga bahwa listrik yang mati tapi tidak terjadi pemadaman pasti mengira bahwa meteran turun.

Namun, ada keadaan dimana listrik mati meteran tidak turun. Lalu, apakah penyebab listrik mati tapi meteran tidak turun? Untuk mengetahui penyebabnya, mari simak ulasan berikut ini.

Penyebab Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun

  1. Tidak ada arus listrik masuk ke dalam rumah

Listrik padam namun meteran tidak turun bisa disebabkan karena tidak adanya arus listrik masuk ke dalam rumah Anda. Baca CEK TAGIHAN LISTRIK ONLINE

Hal ini biasanya terjadi akibat putusnya kabel penghubung dari tiang menuju rumah Anda atau dari tiang menuju ke tiang lainnya terputus. Namun, peristiwa ini jarang terjadi kecuali ada badai besar atau hujan lebat.

Jika ini terjadi pada rumah Anda, maka langsung saja untuk menghubungi petugas PLN di 123. Sebaiknya Anda tidak mencoba-coba untuk memperbaiki sendiri, karena ini sangat berbahaya bagi Anda dan hanya dapat diperbaiki oleh tenaga profesional seperti petugas PLN.

Sebagai penanganan awal, Anda perlu mematikan semua perangkat elektronik yang ada di rumah dan menurunkan MCB yang ada di kotak meteran.

  1. Dak standar kendur

Penyebab listrik mati tapi meteran tidak turun selanjutnya adalah dak standar yang kendur. Dak standar merupakan sebuah tiang kecil yang berada di atas rumah yang berfungsi untuk menghubungkan dengan kabel listrik bentuknya seperti pipa besi yang pendek.

Advertisements

Biasanya, dak standar akan menghubungkan kabel dari satu rumah menuju rumah lainnya maupun langsung menuju tiang. Baca Layar Meteran Listrik Prabayar Mati,kenapa??

Untuk memperbaikinya, Anda dapat menghubungi petugas PLN terdekat, karena akan berbahaya jika Anda memperbaiki sendiri. Permasalahan listrik seperti ini membutuhkan tenaga ahli dalam memperbaikinya.

  1. Kerusakan kabel serabut pada sekring

Sekring atau patrun berada dalam box sekring yang berada dalam rumah. Di dalam sekring terdapat kabel serabut yang menghubungkan dengan ujung sekring.

Jika terjadi mati listrik namun meteran tidak turun, maka Anda perlu memeriksa sekring tersebut mungkin saja terjadi kerusakan pada kabel serabut.

Untuk melepaskan sekring tersebut gunakan tang potong. Sesudah terlepas sekringnya, periksalah kabel serabut jika memang terputus maka ganti kabelnya.

Setelah itu, pasang sekringnya kembali seperti semula. Sebelum melakukan penggantian kabel, Anda harus mematikan meteran listrik agar tidak ada arus listrik yang mengalir.

Demikianlah, beberapa penyebab listrik mati tapi meteran tidak turun. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mengalami kejadian yang sama. baca Meteran Listrik Pulsa Bermasalah, Boros

Pertolongan pertama jika mengalami kejadian mati listrik tersebut adalah jangan panik. Jika memang kerusakan sepele, Anda dapat memperbaikinya sendiri atau jika kerusakannya cukup besar mintalah bantuan kepada petugas PLN terdekat untuk memperbaiki masalah mati listrik pada rumah Anda.

Advertisements

Tinggalkan Balasan