Panduan Merubah Listrik Prabayar Ke Pascabayar

Panduan Merubah Listrik Prabayar Ke Pascabayar 2018

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang merubah listrik prabayar ke pascabayar. Listrik sendiri sekarang ini telah menjadi hal yang harus ada di rumah, sekolah, ataupun perusahaan.

Advertisements

Tak bisa dibayangkan bila rumah atau kantor Anda tak mempunyai jaringan listrik untuk dapat memenuhi kebutuhan energi setiap harinya.

Di Indonesia sendiri, pasokan daya listrik ada di bawah kendali Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Sementara masyarakat atau warga yang memakai daya listrik dari PLN diharuskan membayar tagihan rekening listrik sesuai dengan kapasitas pemakaian daya masing-masing bangunan.

Walau PLN saat ini tengah menggalakkan penggunaan listrik prabayar namun ada pula pelanggan yang menginginkan untuk kembali menggunakan listrik pascabayar.

Berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh listrik pascabayar diantaranya seperti kebutuhan listrik yang selalu tersedia hingga batas waktu pembayaran di akhir bulan, dan ketelitian pencatatan meteran dari petugas PLN yang menjadi penyebab pelanggan untuk kembali melakukan perubahan dari listrik prabayar ke pascabayar.

Panduan Merubah Listrik Prabayar Ke Pascabayar

Namun selain kelebihan, listrik pascabayar ini tentu memiliki kelemahan. Kelemahan listrik pascabayar diantaranya Anda dapat terlena dalam menggunakan listrik sehingga tagihan rekening listrik di akhir bulan akan membengkak.Baca Cara Cek Pulsa Listrik Token

Sementara bila pelanggan tak dapat melunasi tagihan rekening listrik, maka PLN akan memutuskan aliran listrik sehingga rumah pelanggan akan gelap gulita dan tak dapat menyalakan berbagai peralatan elektronik.

Selain itu bila merubah listrik prabayar ke pascabayar, maka kedatangan petugas PLN ke rumah pelanggan untuk melakukan pencatatan angka pada meteran listrik dapat dirasakan menjadi suatu gangguan akan privasi.

Advertisements

Bagi para pelanggan listrik pascabayar, Anda disarankan untuk teliti atau jeli dalam membandingkan besar biaya pembayaran tagihan listrik setiap bulan melalui struk tagihan dengan besar listrik yang digunakan pada meteran listrik. Terkadang ditemui hasil yang ada pada struk berbeda dengan meteran listrik yang ada pada bargainser.Baca Cek ID Pelanggan PLN Token

Apabila ditemukan adanya selisih, maka sebagai pelanggan Anda harus melaporkan hal tersebut pada petugas loket PLN, agar nantinya kelebihan biaya yang telah Anda bayarkan dapat masuk pada pembayaran tagihan listrik berikutnya.

Anda pun jangan sampai lupa untuk menuliskan setiap rincian dari pembayaran di buku maupun bukti pembayaran yang diberikan kode oleh para petugas PLN.

Banyak pelanggan yang merasa diuntungkan bila tetap menggunakan listrik pascabayar dibandingkan menggunakan meteran listrik prabayar.

Namun ada pula pelanggan PLN yang merasa diuntungkan setelah melakukan penggantian listrik pascabayar menjadi listrik prabayar.

Pertanyaan tentang perbedaan penggunaan listrik pascabayar atau listrik prabayar pun semakin bergulir dengan kencang. Keraguan sejumlah pelanggan PLN yang akan melakukan penggantian meteran listrik pun semakin besar.Baca Harga Meteran Listrik Pasca Bayar Terbaru

Nah setelah membaca sedikit pembahasan di atas, apakah yang akan Anda lakukan? Mengikuti anjuran dari PLN dalam merubah listrik pascabayar ke prabayar? Ataukah justru kembali merubah listrik prabayar ke pascabayar? Semua tergantung pada keputusan Anda.

Advertisements

Tinggalkan Balasan