Mengatasi Meteran Listrik Prabayar Error 02 2018

Meteran Listrik Prabayar Error 02 – Error 02 adalah salah satu masalah error yang paling sering dijumpai oleh Anda yang memakai listrik prabayar.

Advertisements

Untuk mengatasi meteran listrik prabayar error 02 ini, diperlukan perlakuan khusus. Tidak perlu menghubungi petugas. Jika Anda mau, Anda bisa melakukannya sendiri.

Error 02 adalah kode lain untuk kata-kata ‘Periksa’ yang juga biasa muncul di layar meteran. Kemunculan kode ini pertanda bahwa ada sesuatu yang salah pada instalasi listrik Anda.

Sebelum melakukan langkah-langkah untuk mengatasi error 02, Anda perlu mempersiapkan diri dengan alat pengamanan yang lengkap. Dengan menggunakan alat pengaman standar untuk mencegah terjadinya tersengat listrik.

Mengatasi Meteran Listrik Prabayar Error 02

Mengatasi Meteran Listrik Prabayar Error 02

Jangan anggap remeh tindakan pengamanan ini. Sengatan listrik berfase besar bisa menyebabkan kematian dan bisa jadi sama bahayanya dengan tersambar petir.Baca Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak

Jadi, siapkanlah semua tindakan pengamanan berikut cara untuk mengatasi error 02 pada meteran listrik.

  • Tindakan pengamanan

Jangan bertelanjang kaki dan pastikan tidak ada anggota tubuh bagian luar yang basah. Siapkan kain untuk mengusap jikalau tangan Anda berkeringat.

Ini dilakukan untuk mencegah korsleting atau terjadinya hubungan arus pendek. Atau lebih baik lagi, gunakan sarung tangan yang berbahan isolator seperti karet.

Advertisements

Barulah Anda bisa melakukan langkah-langkah untuk mengatasi error 02 di meteran listrik secara manual tanpa bantuan petugas dari perusahaan listrik.

  • Langkah pertama

Matikan semua peralatan yang terhubung dengan listrik. Termasuk juga gadget dan matikan semua lampu yang masih menyala. Setelah dimatikan, cabut semuanya, jika memang ingin lebih aman, lampu pun bisa nada lepaskan sebagai tindakan pencegahan ekstra.

Perlahan-lahan dan jangan sampai Anda menyentuh stop kontaknya. Untuk itulah Anda memerlukan sarung tangan karet atau paling tidak kain kering.Baca Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun

Langkah pertama dalam mengatasi meteran listrik prabayar error 02 cukup mudah, selama Anda melakukan tindakan pengamanan yang tepat.

  • Langkah Kedua

Jika semua peralatan elektronik sudah semuanya tercabut, maka Anda bisa melakukan langkah selanjutnya, yaitu mematikan saklar di meteran listrik. Kemudian nyalakan kembali. Jeda waktu antara mematikan dan menghidupkannya kembali tidak boleh terlalu sebentar.

Minimal biarkan mati selama 10 menit atau lebih baik jika lebih dari waktu tersebut. Barulah Anda bisa menghidupkannya kembali untuk melakukan reset.

Cara ini termasuk mudah. Setelah menghidupkannya kembali, ada kemungkinan informasi error 02 akan reset dengan sendirinya. Namun, ada juga yang tidak dan informasi error 02 masih terus berlanjut.

Jika hal tersebut memang terjadi, Anda perlu meresetnya sendiri. Caranya adalah dengan memasukkan nomor 00 ke meteran. Ini adalah kode untuk melakukan reset.Baca Harga Listrik Per Kwh Bulan ini

Namun, jangan terlalu sering digunakan. Jika error 02 sudah terlalu sering terjadi, Anda harus menghubungi customer care PLN untuk mengatasi meteran listrik prabayar error 02.

Advertisements

Tinggalkan Balasan