Mengatasi Listrik Token Mati Sendiri Secara Tidak Wajar

Mengatasi Listrik Token Mati Sendiri Secara Tidak Wajar 2018

Listrik Token Mati Sendiri – Banyak yang mengeluhkan tentang penggunaan listrik token. Ada yang mengatakan jika listrik pintar tersebut lebih boros dan sering kali eror.

Advertisements

Mengatasi listrik token mati sendiri secara tidak wajar ternyata bisa Anda lakukan tanpa harus meminta bantuan ke pihak PLN.

Itu dengan catatan apabila penyebabnya hanya hal sepele tetapi jika penyebabnya sudah terlalu serius dan membahayakan, maka sudah menjadi kewajiban Anda untuk meminta bantuan kepada PLN.

Lalu bagaimana cara mengatasi listrik token yang tiba-tiba sering mati sendiri?

Penyebab Listrik Token Mati Sendiri Secara Tidak Wajar

  1. Lihat KWH meter terlebih dahulu

Ketika listrik di rumah tiba-tiba mati Anda pasti akan merasa panik karena perangkat elektronik tidak bisa berfungsi. Jika hal itu terjadi, cek dahulu listrik tetangga apakah ikut padam atau tidak.

Jika listrik tetangga masih menyala maka Anda bisa lihat KWH meter terlebih dahulu. Pada meteran listrik token. Baca Meteran Listrik Prabayar Tiba-Tiba Mati

Lampu indicator masih menyala maka instalasi listrik di rumah masih bisa hidup tetapi ada suatu masalah. Jika lampu indicator juga mati, itu berarti listrik mengalami pemadaman dari PLN pusat.

  1. Periksa box sekring atau MCB

Untuk mengetasi listrik token mati sendiri secara tidak wajar juga bisa dengan memeriksa box sekring atau MCB.

Pada box sekring terdapat kabel kecil yang bisa menyambungkan arus listrik ke instalasi rumah. Apabila kabel kecil tersebut ada yang putus, maka segera lakukanlah perbaikan.

Advertisements

Kabel kecil pada box sekring tersebut merupakan salah satu penyebab listrik sering mati sendiri secara tidak wajar apabila terputus. Jadi kesimpulannya adalah jika setelah mengecek KWH meter lampu indicator masih menyala, maka langkah berikutnya adalah memeriksa box sekring atau MCB.

Selain mengecek kabel, jika pada MCB terdapat tulisan angka 0 atau 1 maka kemungkinan listrik di rumah ada yang kongslet. Baca Meteran Listrik Prabayar Error

Maka dari itu segera cek instalasi listrik rumah Anda dan lakukanlah perbaikan agar listrik tidak mati-mati terus.

  1. Periksa instalasi listrik

Ketika Anda mengalami listrik yang sering mati tidak wajar, maka langkah selanjutnya adalah periksalah instalasi listrik rumah Anda.

Mengatasi listrik yang sering mati tidak wajar tersebut pasti ada indikasi kerusakan seperti korsleting, kabel terputus maupun adanya kelebihan beban.

Apabila masalah kelebihan beban sudah teratasi tetapi listrik masih sering mati, maka instalasi listrik di rumah yang mengalami masalah.

Mengeceknya pun membutuhkan waktu lama karena Anda harus mengecek satu per satu. Jika Anda tidak bisa, minta bantuan pihak PLN atau pun orang yang ahli dalam menangani listrik.

Ketiga cara di atas bisa Anda lakukan di rumah ketika listrik mengalami masalah seperti sering mati tidak wajar. Baca Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Sebelum menemukan caranya, pastikan dahulu untuk mengetahui penyebabnya. Mengetasi listrik token mati sendiri secara tidak wajar tersebut semoga bisa membantu.

Advertisements

Tinggalkan Balasan