Listrik 900 Watt MCB Berapa Ampere

Listrik 900 Watt MCB Berapa Ampere 2018

Pemakaian listrik setiap rumah akan berbeda karena disesuaikan dengan kebutuhan listrik yang di butuhkan.

Advertisements

Kebutuhan listrik yang dibutuhkan dihitung berdasarkan jumlah alat elektronik yang ada di rumah tersebut dan setiap pemasangan listrik dari PLN pasti sudah satu paket dengan adanya MCB atau Miniatur Circuit Breaker.

MCB ini memiliki fungsi penting salah satunya adalah sebagai pengaman saat terjadinya kelebihan arus listrik atau arus hubungan pendek.

MCB sendiri memiliki bentuk yang kecil yang biasanya sudah terpasang bersama dengan meteran dari PLN. Dengan besaran MCB listrik yang bervariasi antara 2, 3, 4, 6 hingga 10 Ampere.

Listrik 900 Watt MCB Berapa Ampere ??

Kasus terjadinya kelebihan arus listrik pada sebuah meteran atau instalasi listrik adalah kasus di mana pemakaian listrik yang digunakan memiliki beban melebihi besaran daya yang dimiliki meteran tersebut.

Meteran akan langsung mati sehingga tidak terjadi berbagai bahaya yang bisa menyebabkan arus pendek atau bahaya lainnya pada instalasi listrik yang ada di rumah tersebut.

Maka dari itu sebelum anda memutuskan untuk menggunakan meteran berapa watt maka anda harus mengetahui terlebih dahulu kira-kira berapa jumlah alat elektronik yang akan anda gunakan dalam rumah tersebut. Dengan demikian listrik bisa di gunakan leluasa tanpa takut kelebihan beban.Baca Cek Tagihan Listrik Gratis

Untuk pemakaian listrik daya 900 watt biasanya menggunakan MCB dengan besaran 6 ampere. Namun ternyata karena ada beberapa konsumsi listrik terutama yang diperuntukkan untuk kepentingan bisnis atau usaha.

Sementara tarif listrik semakin naik setiap bulannya menjadikan mereka pun memutar otak untuk mendapatkan listrik sesuai kebutuhan mereka namun dengan jumlah tarif yang tidak terlalu besar.

Advertisements

Meski ini adalah cara yang ilegal, namun banyak yang melakukannya demi mendapatkan keuntungan pribadi. Jika anda melakukannya anda harus siap untuk menerima resikonya yaitu denda yang dibebankan PLN jika anda diketahui mengganti MCB lebih dari ukuran seharusnya.

Berikut adalah beberapa cara mengetahui untuk daya listrik 900 watt MCB berapa ampere yang harus digunakan.

  • Pertama

Yang pertama kali harus anda lakukan adalah mengetahui beberapa hal penting yang dibutuhkan dalam penghitungan besaran ampere untuk MCB.Baca Cek Tagihan Listrik Via SMS

Di antaranya adalah besaran power atau daya listrik yang digunakan, Voltage atau besar tegangan dalam satu volt, dan Intensity atau arus listrik dalam satuan ampere.

  • Kedua

Setelah anda mengetahui beberapa unsur yang diperlukan dalam penghitungan maka selanjutnya anda harus melakukan penghitungan besaran MCB yang dibutuhkan dalam rumah anda.

Jika diketahui besaran daya listrik adalah 900 watt dan tegangan arus yang ada sebesar 220 volt maka kita akan menggunakan rumus I=PxV.  Berarti cara menghitungnya adalah untuk menemukan besaran Intensity dengan menghitung :

I = 900 : 220 v = 4,09 Ampere.

  • Ketiga

Dari hasil penghitungan tersebut diketahui bahwa kita membutuhkan besaran MCB dengan ukuran 4,09 Ampere.

Namun tentu saja kita tak bisa menggunakan MCB dengan besar 4 Ampere karena saat terjadi kelebihan beban akan terjadi tidak berfungsinya meteran.Baca Cek Tunggakan Listrik PLN Via Aplikasi

Maka harus dipilih pemakaian MCB untuk daya listrik 900 watt adalah sebesar 6 ampere. Demikian ulasan tentang pertanyaan daya listrik 900 watt MCB berapa ampere.

Advertisements

Tinggalkan Balasan