Listrik 1300 Watt Pakai MCB Berapa Ampere

Listrik 1300 Watt Pakai MCB Berapa Ampere 2018

Tarif listrik yang terus naik membuat masyarakat semakin peduli dengan penggunaan listrik yang ada di rumahnya. Bukan hanya berusaha berhemat untuk memakai listrik namun juga ikut memikirkan untuk listrik 1300 watt pakai MCB berapa ampere?

Advertisements

Karena dari pemakaian ampere yang sesuai kita akan mendapatkan biaya pemakaian listrik yang hemat dan sesuai dengan penggunaan yang kita pakai.

Berbeda dengan pemakaian ampere yang kurang sesuai akan menyebabkan beberapa hal di antaranya adalah sering terjadi kelebihan daya yang kemudian membuat MCB bekerja untuk menjadi pengaman dari arus hubungan pendek yang terjadi.

Saat itulah listrik akan menjadi on off secara berulang-ulang sehingga bisa membuat pemakaian listrik menjadi lebih boros.

Listrik 1300 Watt Pakai MCB Berapa Ampere

Menurut seseorang yang ahli di bidang listrik, menjawab pertanyaan listrik 1300 watt pakai MCB berapa ampere jawabannya adalah memakai MCB sebesar 6 ampere untuk daya listrik 1300 watt sudah sangat cukup bahkan bisa menghemat pemakaian listrik yang ada di rumah anda.

Namun untuk melakukan instalasinya anda harus menghubungi pihak yang ahli dalam dunia kelistrikan sehingga bisa dilakukan instalasi tanpa harus khawatir terjadi berbagai resiko akibat instalasi listrik yang tidak sesuai dan tidak benar.Baca Listrik 900 Watt MCB Berapa Ampere

Satu cara lagi untuk menghemat pemakaian listrik dengan besaran MCB 6 ampere adalah dengan membagi listrik menjadi 3 jalur. Tentu saja akan digunakan MCB utama sebesar 6 ampere kemudian setiap jalurnya menggunakan MCB dengan besar 2 ampere.

Advertisements

Cara ini diyakini bisa menghemat pemakaian listrik karena anda bisa membagi pemakaian listrik langsung ke masing-masing jalur yang telah anda buat.

Meskipun begitu cara ini memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing yang perlu diketahui sebelum anda memutuskan untuk mengambil cara ini dalam masalah kelistrikan yang ada di rumah anda.

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda ketahui tentang pemakaian MCB sebesar 6 ampere untuk daya listrik sebesar 1300 watt.Baca Besaran Daya Listrik Rumah Pada Umumnya

  • Hitung dengan benar

Jika anda ingin memiliki pemakaian listrik yang sesuai dengan kebutuhan anda maka anda harus mengetahui dengan benar apa saja yang benar-benar dibutuhkan dalam rumah tangga anda.

Seleksi alat elektronik yang tak terlalu dibutuhkan untuk anda simpan sehingga hanya akan dipakai jika memang benar-benar dibutuhkan saja.

  • Kelebihan

Pembagian jalur listrik untuk daya sebesar 1300 watt memang memberikan keuntungan tersendiri di antaranya adalah lebih hemat serta lebih mudah untuk membagi jatah konsumsi listrik ke masing-masing alat elektronik.

Selain itu juga akan lebih mudah untuk menyelesaikan saat terjadi masalah listrik karena anda sudah memisahkan jalurnya.Baca Menghitung Biaya Listrik Ala Rumahan

  • Kekurangan

Dan kekurangan yang dimilikinya adalah jika terjadi kelebihan beban muatan listrik akibatnya MCB akan anjlok sebagai upaya pengaman untuk mencegah terjadinya arus hubungan pendek dalam rumah anda. Maka dari sini pertanyaan untuk listrik 1300 watt pakai mcb berapa ampere sudah terjawab.

Advertisements

Tinggalkan Balasan