Inilah Keuntungan Listrik Pasca Bayar

Inilah Keuntungan Listrik Pasca Bayar 2018

Kali ini kami akan membahas tentang keuntungan listrik pasca bayar. Perusahaan Listrik Negara (PLN) kini tengah memang tengah menggalakkan penggunaan listrik prabayar. Namun masih ada banyak pelanggan yang lebih memilih sistem yang sudah lebih dulu ada yaitu sistem listrik pasca bayar.

Advertisements

Sistem pembayaran listrik pasca bayar sendiri merupakan sistem listrik yang menyediakan kebutuhan listrik yang senantiasa tersedia hingga batas waktu pembayaran tagihan rekening listrik pada akhir bulan.

Pada sistem ini ditawarkan ketelitian pencatatan meteran dari petugas PLN yang membuat banyak pelanggan masih bertahan menggunakan listrik pasca bayar.

PLN sendiri telah merilis sistem terbaru yaitu listrik pintar atau listrik prabayar. Pada sistem listrik prabayar ini pembayaran yang dilakukan oleh para pelanggan hampir menyerupai sistem ketika pelanggan melakukan pembelian voucher pulsa telepon.

Inilah Keuntungan Listrik Pasca Bayar

Yang menjadi pembedanya adalah pelanggan melakukan pembelian voucher dengan isi kuota daya listrik yang dihitung dengan menggunakan satuan kWh.Baca Cek ID Pelanggan PLN Token

Sama seperti voucher pulsa telepon yang mempunyai nomor kode, voucher listrik prabayar pun mempunyai nomor kode yang nantinya diinput melalui bargainser. Bila input telah dilakukan maka listrik pun akan dialirkan.

Seperti telah disampaikan sebelumnya, sebelum sistem listrik prabayar diterapkan, masyarakat menggunakan sistem listrik pasca bayar dalam menggunakan aliran listrik PLN.

Bila listrik prabayar melakukan pembayaran sebelum menggunakan listrik, maka sebaliknya untuk sistem listrik pasca bayar pembayaran dilakukan setelah pelanggan menggunakan energi listrik. Sistem ini pun tak berbeda jauh dengan sistem pembayaran telepon pasca bayar.

Advertisements

PLN beranggapan bahwa sistem pembayaran listrik prabayar lebih menguntungkan bila dibandingkan dengan sistem pembayaran listrik pasca bayar, apakah hal itu benar? Langsung saja berikutnya kami akan membahas mengenai keuntungan listrik pasca bayar.

Walaupun PLN lebih menganjurkan penggunaan sistem listrik prabayar, kita pun tak dapat mengesampingkan sistem listrik pasca bayar begitu saja.Baca Harga Meteran Listrik Pasca Bayar

Tak dapat dipungkiri bahwa masyarakat telah terbiasa dengan sistem pembayaran ini. Keuntungan penggunaan sistem listrik pasca bayar ini adalah daya listrik yang tersedia tak terbatas setiap bulannya.

Akan tetapi kerugian yang dapat dirasakan oleh pelanggan adalah mereka tak terlalu memperdulikan penggunaan daya listrik dan menggunakannya hingga melewati batas. Sebagai akibatnya listrik pun membengkak setiap bulannya.

Lalu bila ada pemadaman listrik PLN, maka pelanggan pun akan mengalami pemadaman itu. Selain itu bila pelanggan tak membayar tagihan sesuai batas waktu yang ditentukan maka PLN bisa melakukan pemadaman secara sepihak hingga pelanggan dapat melakukan pembayaran.

Kerugian listrik pasca bayar yang lainnya adalah pelanggan pun harus jeli ketika membandingkan biaya tagihan listrik dari struk tagihan dengan besarnya penggunaan daya listrik pada meteran listrik.

Terkadang hasilnya ada perbedaan/selisih. Bila diketahui ada selisih maka pelanggan harus melapor pada pihak PLN. Sehingga untuk beberapa kalangan yang sibuk dengan aktivitasnya, tentu tak akan mudah dalam melakukan hal ini.Baca Merubah Listrik Prabayar Ke Pascabayar

Nah itu tadi sedikit pembahasan dari kami mengenai keuntungan listrik pasca bayar, semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan