Harga Listrik Per Kwh Bulan ini Update

Harga Listrik Per Kwh Bulan ini Update 2018

Harga Listrik Per kwh – Di tahun 2017 ini, Pemerintah menetapkan kenaikan Tarif Dasar Listri atau TDL. Kenaikan TDL memang umum terjadi per tahunnya secara berkala. Umumnya pihak PLN akan mengumumkan besarnya tarif listrik tiap bulannya.

Advertisements

Hal ini dipengaruhi oleh berbagai aspek. Seperti nilai rupiah, harga BBM. Pada bulan Januari 2017, Pemerintah menaikkan TDL khusus untuk daya 900VA non subsidi sebesar 30%.

Lalu 3 bulan berikutnya, tarif di naikkan kembali sebesar 30% dari tahap pertama. Dan kini listrik 900 VA non subsidi mencapai Rp 1.352/kWh. Untuk informasi selengkapnya mengenai tarif listrik bulan ini, berikut adalah Harga Listrik Per kwh Bulan ini 2017?

Pemerintah berupaya terus untuk menentukan tarif listrik di sisa tahun ini. Diperkirakan mulai bulan ini hingga Desember 2017, tarif listrik tetap dan tidak ada kenaikan lagi.

Harga Listrik Per Kwh Bulan ini Update 2017

Daftar harga listrik kWh bulan ini 2017, adalah sebagai berikut: Baca Cara Menghitung Tarif Listrik Per kWh

  • Rumah Tangga 450 VA, tetap Rp 415/kWh
  • Rumah Tangga 900 VA subsidi tetap Rp 586/kWh
  • Rumah Tangga 900 VA non subsidi tetap Rp  1352/kWh
  • Tarif Adjusment tetap Rp 1467/kWh.

Untuk menghemat biaya listrik, khususnya untuk skala rumah tangga sebenarnya dapat dikendalikan dengan menghitung jumlah beban listrik di tiap peralatan elektronik Anda.Misalnya, jika Anda menggunakan penanak nasi listrik dengan daya 250 Watt, serta lama pemakaian 1 jam.

Untuk menghitung besarnya biaya yaitu pemakaian daya 200 Watt dalam kurun waktu 1 jam, sama saja dengan 0,25 kWh.

Advertisements

Jika Anda memakai golongan listrik daya 900VA non subsidi, maka untuk setiap kali penggunaan besarnya tarif adalah Rp 338/kWh. Jika pemakaian selama 1 bulan non stop maka besarnya harga tarif untuk 1 alat elektronik penanak nasi adalah 10.140/kWh.

Dengan mengetahui jumlah beban tarif pada setiap alat elektronik Anda, secara otomatis Anda dapat melakukan perhematan untuk biaya tarif listrik di tiap bulan. Baca Penyebab MCB Listrik Sering Turun/Banting

Meskipun terjadi kenaikan pada tarif TDL, Anda pun juga masih dapat memperkirakan biaya tagihan listrik Anda.

Diharapkan dengan adanya kenaikan biaya tarif listrik per kWh, serta beberapa pencabutan subsidi untuk para pelanggan PLN yang tergolong mampu dapat meningkat kapasitas penyaluran subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu.

Menurut catatan hampir 55.000 pelanggan PLN, dicabut aliran dana subsidinya karena tergolong mampu. Sedangkan pemerintah sendiri, menarget tambahan penerima subsidi listrik 900 VA sebesar 2,4juta jiwa yang tersebar di seluruh pelosok daerah.

Sehingga pemerataan listrik di Indonesia mampu menyentuh seluruh masyarakat Indonesia. Hal inilah yang juga menjadi dasar Pemerintah untuk menaikkan harga listrik kWh di tiap bulannya.

Namun dibalik segala rencana Pemerintah, masyarakat tidak perlu resah terjadi kenaikan tarif secara terus menerus. Baca Cara Memperbaiki MCB yang Rusak

Karena Pemerintah juga mengupayakan untuk menetapkan TDL yang bersifat tetap. Contoh seperti harga listrik kWh bulan ini 2017 yang tidak terjadi kenaikan dari awal tahun 2017.

Advertisements

Tinggalkan Balasan