Cara Menghitung Daya Listrik Rumah

Cara Menghitung Daya Listrik Rumah 2018

Setiap rumah yang terpasang instalasi listrik akan memiliki beban tanggungan biaya listrik yang harus di bayarkan pada PLN.

Advertisements

Adapun mengenai cara menghitung daya listrik rumah sudah terhitung secara otomatis sehingga masyarakat tak perlu susah payah menghitung secara manual biaya listrik yang harus mereka tanggung.

Namun meskipun begitu pihak PLN tetap memberikan cara untuk menghitung secara transparan. Banyak orang yang kemudian penasaran untuk melakukan penghitungan sendiri karena ingin membuktikan apakah perhitungan yang di lakukan PLN sudah benar atau belum.

Secara umum setiap perangkat elektronik memiliki konsumsi daya listrik tersendiri. Masing-masing alat memiliki jenis konsumsi daya listrik yang berbeda yaitu konsumsi daya listrik statis dan dinamis.

Cara Menghitung Daya Listrik Rumah

Konsumsi daya listrik statis adalah jenis konsumsi daya listrik yang di butuhkan secara tetap atau terus menerus seperti pada alat elektronik seperti lampu penerangan, kipas angin, vakum cleaner, komputer dan TV.

Sedangkan konsumsi daya listrik dinamis adalah jenis konsumsi daya listrik yang akan terus di butuhkan alat elektronik selama alat elektronik membutuhkan daya untuk memberikan tenaga padanya, namun akan berhenti secara otomatis saat alat elektronik sudah memiliki energi yang cukup untuk beberapa waktu ke depan.Baca  Cara Dapatkan Pulsa Listrik Gratis

Konsumsi daya listrik dinamis biasanya di miliki oleh alat elektronik seperti rice cooker, coffee maker, termos listrik, AC, lemari es dan setrika listrik.

Untuk melakukan cara menghitung daya listrik rumah anda memang harus mengetahui rumus yang di gunakan PLN terlebih dahulu.

Beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu adalah harga yang di kenakan untuk setiap wattnya, besar daya alat elektronik yang anda gunakan serta lama pemakaian alat elektronik tersebut.

Advertisements

Dalam hal ini anda harus melakukan penghitungan secara manual pada setiap alat elektronik secara terpisah, baru setelah itu anda bisa mengakumulasikannya. Maka anda benar-benar harus mengetahui apa dan berapa jumlah alat elektronik yang di gunakan dalam rumah anda.

Seiring dengan naiknya tarif listrik per Kwh, maka semua orang berlomba-lomba untuk menggunakan listrik sehemat dan seirit mungkin demi menekan biaya listrik yang melambung. Namun ada beberapa hal yang efektif untuk mengatasi hal tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menghemat pemakaian listrik yang ada di rumah anda.Baca PLN Online Cek Tagihan Listrik Via HP

  • Gunakan seperlunya

Sering kali masyarakat masih terbawa pada kebiasaan menggunakan listrik secara berlebihan seperti penggunaan lampu yang di nyalakan secara terus menerus padahal matahari sudah terang benderang.

Upayakan untuk bisa menyalakan dan mematikan lampu sesuai kebutuhan. Anda bisa mengganti lampu yang ada di kamar tidur anda dengan lampu meja dengan watt yang lebih kecil sehingga tidak akan membuat pengeluaran listrik untuk lampu menjadi besar.

  • Gunakan fitur otomatis

Semua alat elektronik yang tidak memiliki alat tambahan yang bekerja secara otomatis mungkin memang bisa digunakan seperlunya.

Namun untuk jenis alat yang bisa bekerja dengan tambahan alat otomatis seperti mesin air dan komputer akan sangat menghemat pengeluaran biaya listrik anda.Baca Beli Token Listrik Via Pulsa Telkomsel

  • Hindari penggunaan berlebih

Hindari penggunaan listrik berlebih yang menyebabkan instalasi listrik di rumah anda berulang kali mengalami padam.

Karena hal itu juga akan menyebabkan biaya listrik pun ikut membengkak. Demikian beberapa cara menghitung daya listrik rumah.

Advertisements

Tinggalkan Balasan