Cara Menghitung Biaya Listrik Ala Rumahan

Cara Menghitung Biaya Listrik Ala Rumahan 2018

Ada beberapa hal yang harus kita ketahui seputar daya listrik yang kita gunakan setiap harinya. Di antaranya adalah tentang cara menghitung biaya listrik ala rumahan.

Advertisements

Semua orang pasti tahu bahwa untuk mengetahui berapa besar biaya listrik yang kita gunakan dalam sebulan, pihak PLN sudah melakukan penghitungan secara cermat sehingga pelanggan PLN tak perlu lagi repot untuk menghitung sendiri berapa biaya yang harus dibayarkan pada pihak PLN.

Sebelumnya kita mengetahui bahwa untuk besaran daya yang dimiliki setiap rumah berbeda, ada 450, 900, 1200 hingga 2100 dan ke semua itu disebutkan dengan satuan watt padahal seharusnya disebutkan dalam satuan VA.

Maka dari itu perlu adanya panduan khusus seputar cara menghitung biaya listrik ala rumahan agar supaya bisa dihasilkan jumlah biaya yang memang seharusnya benar dan sesuai dengan penggunaan listrik selama ini.

Cara Menghitung Biaya Listrik Ala Rumahan

Dalam hal ini anda juga harus mengetahui beberapa istilah khusus tentang berbagai hal yang ada di dunia listrik sehingga anda tak bingung dengan penghitungan yang juga dilakukan sesuai dengan satuan yang digunakan masing-masing.Baca Cek Tunggakan Listrik PLN Via Aplikasi

Berikut ini adalah beberapa contoh penghitungan beberapa alat elektronik yang biasa digunakan di dalam rumah tangga.

  • Lampu

Alat elektronik berupa lampu memiliki berbagai jenis lampu di antaranya lampu pijar, lampu CFL dan lampu LED.

Advertisements

Namun dari ke sekian jenis lampu yang dinilai paling hemat adalah jenis lampu LED. Untuk menghitung biaya listrik untuk lampu bisa digunakan metode penghitungan yang membutuhkan keterangan besar watt lampu yang digunakan karena jelas setiap ruangan memiliki kebutuhan yang berbeda.

Jumlah lampu yang ada dalam rumah serta lama pemakaian lampu tersebut dalam sehari yang kemudian diakumulasikan selama 1 bulan.Baca Listrik 900 Watt MCB Berapa Ampere

  • Lemari es

Untuk pemakaian lemari es sekilas alat elektronik yang satu ini terlihat seperti digunakan dalam 24 jam penuh. Padahal lemari es memiliki masa hibernasi di mana sama sekali tidak membutuhkan konsumsi daya listrik yang tinggi sesuai yang tercantum dalam keterangan daya yang di butuhkan lemari es.

Cara menghitungnya adalah dengan perumpamaan daya lemari es adalah 125 watt dan digunakan selama sehari penuh.

125 watt x 24 jam = 3000 watt

Untuk kWh 3000:1000= 3 kWh per hari

Total pemakaian selama 1 bulan adalah 3 kWh x 30 hari = 90 kWh.

  • Mesin cuci

Jenis alat elektronik lain yang dibutuhkan dalam rumah tangga adalah mesin cuci. Mesin cuci sendiri memiliki 2 jenis mesin yang berbeda kebutuhan wattnya seperti untuk mengeringkan butuh sekitar 300 watt dan untuk mencuci dibutuhkan sekitar 250 watt.Baca Besaran Daya Listrik Rumah Pada Umumnya

Cara menghitungnya pun sama dengan cara menghitung kebutuhan listrik lemari es. Hanya saja untuk mesin cuci hanya dibutuhkan untuk mencuci selama 3 jam dan mengeringkan selama 1 jam.

Untuk kebutuhan rumah tangga mencuci dengan mesin cuci biasanya dilakukan 2 hari sekali. Itulah cara menghitung biaya listrik ala rumahan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan