Cara Mengetahui Nomor Token Listrik Sendiri

Cara Mengetahui Nomor Token Listrik Sendiri 2018

Saat ini banyak pelanggan listrik yang menggunakan nomor token listrik untuk mengisi kwh agar peralatan elektronik pada rumahnya menyala. Memang sejak tahun 2009 pihak PLN melakukan inovasi dengan listrik prabayar.

Advertisements

Hal ini dilakukan agar konsumen sebagai pelanggan PLN dapat mengatur sendiri biaya dalam pemakaian listrik di setiap bulannya. Jadi jika pelanggan PLN ingin menggunakan peralatan elektronik maka harus membeli atau membayar listrik terlebih dahulu.

Hal ini tentu berbeda dengan listrik paska bayar di mana pelanggan memakai listrik terlebih dahulu baru kemudian membayarnya pada bulan berikutnya.

Memang ada plus minusnya pada kedua cara pembayaran tersebut namun tentu saja Anda harus menaati keputusan pemerintah ini.Baca Syarat Pasang Listrik Pasca Bayar

Cara Mengetahui Nomor Token Listrik Sendiri

Untuk cara mengetahui nomor token listrik sendiri, Anda tentunya harus membeli terlebih dahulu baru kemudian nanti akan diberikan nomor token yang Anda butuhkan dan nomor token yang 12 digit tersebut Anda masukkan pada kwh meter di rumah Anda.

Hati-hati dalam mengisi rangkaian angka pada nomor token, sebab jika salah kwh listrik Anda tidak akan terisi. Namun bagaimana jika token listrik yang sudah Anda beli kemudian hilang, tentu hal ini akan membuat Anda panik bukan.

Anda tidak perlu khawatir karena pihak PLN melalui websitenya telah ada layanan untuk mencari riwayat transaksi pembelian token listrik Anda.Baca Cara Cek Pulsa Listrik Online

Advertisements

Hal pertama yang Anda lakukan untuk dapat mengetahui nomor token Anda adalah :

  • Mengakses website layanan pelanggannya yaitu yang beralamat di http://layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html
  • Kemudian isilah nomor ID pelanggan milik Anda kemudian klik “cari”.
  • Maka akan muncul informasi pada halaman tersebut di mana terdapat semua nomor token yang telah dan pernah Anda beli.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika nomor token yang telah Anda beli hilang entah ke mana karena memang ada caranya.

Keuntungan lainnya dari mengakses layanan ini adalah Anda dapat mengetahui harga per-kwh yang sebenarnya dan juga mengetahui tanggal pembelian token yang sebelumnya sehingga Anda dapat mengetahui total belanja token listrik pada bulan ini. Akan tetapi jika nomor ID Anda yang hilang Anda juga jangan khawatir dan panik.

Anda tinggal menuju meteran listrik Anda dan melihat pada bagian atas yang terdapat barcode. Di atas kode batang tersebut ada deretan angka yang bisa Anda gunakan sebagai nomor meter atau nomor ID token listrik Anda.

Jangan lupa untuk menyimpan nomor tersebut dalam hp Anda untuk keperluan membeli token selanjutnya. Untuk nominal yang bisa Anda beli pihak PLN menyediakan mulai dari 20 ribu hingga 2 juta rupiah.Baca Cara Mengetahui No Token Listrik yang Hilang

Anda dapat membeli token listrik ini di berbagai gerai pembayaran listrik atau juga via ATM bahkan pada penjual pulsa hp saat ini juga menyediakan pulsa listrik yang kemudian mereka akan memberikan nomor token listrik yang Anda butuhkan. Demikian cara mengetahui nomor token listrik sendiri.

Advertisements

Tinggalkan Balasan