Cara Memperbaiki MCB yang Rusak Secara Mudah

Cara Memperbaiki MCB yang Rusak Secara Mudah 2018

Memperbaiki MCB yang Rusak  – Tak sedikit masyarakat yang mencari tahu tentang cara memperbaiki mcb yang rusak secara mudah. Karena seperti yang diketahui bahwa MCB merupakan salah satu komponen terpenting dalam proses instalasi listrik.

Advertisements

Ada banyak sekali penyebab MCB menjadi rusak. Salah satunya adalah pemakaiannya yang memang sudah terlalu lama. Sehingga membuat komponen yang ada didalamnya semakin menurun kemampuan dan kualitasnya.

Selain itu, penggunaan listrik yang berlebihan juga seringkali menjadi penyebab MCB mudah rusak. Hal tersebut dikarenakan kapasitas dan kemampuan MCB yang terbatas sesuai dengan daya listrik yang dipasang.

Jadi jika penggunaan listrik melebihi kapasitasnya maka MCB akan sangat mudah mengalami kerusakan. Nah, untuk membantu Anda berikut ini adalah cara mudah untuk mengatasi MCB yang rusak.

Cara Memperbaiki MCB yang Rusak Secara Mudah

  • Cari Tahu Penyebabnya

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki MCB yang rusak adalah dengan mencari tahu penyebabnya. Baca Cara Menghitung Tarif Listrik Per kWh

Hal ini sangat penting agar Anda bisa melakukan penanganan berdasarkan kerusakannya. Jika MBC turun, cobalah untuk mematikan semua lampu beserta peralatan listrik lainnya satu persatu.

Selanjutnya, buat MCB dalam posisi ON dan mulailah menyalakan lampu rumah satu persatu agar Anda bisa mengetahui apakah ada lampu atau peralatan elektronik yang korslet atau tidak.

Jika saat menyalakan lampu, MCB turun maka lampu tersebutlah masalahnya. Lalu, matikan saklar dan turunkan MCB agar Anda bisa mencopot lampu yang korslet agar digantikan dengan lampu baru.

Advertisements

Perlu diingat bahwa saat Anda mengganti lampu atau mengganti pitingannya yang rusak dengan yang baru, selalu matikan saklar lampu di dinding agar Anda tidak terkena sengatan listrik. Jangan lupa mematikan MCB agar lebih aman. Baca Tabel Tarif Dasar Listrik

  • Menggunakan resistor

Cara memperbaiki mcb yang rusak secara mudah selanjutnya adalah dengan menggunakan resistor. Cara ini dilakukan setelah Anda mengetahui bahwa masalah tidak terletak pada listrik atau penggunaannya tapi justru ada pada MCB itu sendiri.

Nah, hal yang harus Anda lakukan adalah pastikan bahwa colokan soft starter tidak terhubung dengan sumber listrik.

Selain itu, pastikan pula jika saklar soft starter ada pada posisi yang tidak tersambung sehingga resistor soft starter bisa aktif.

Selanjutnya, colokkan perangkat elektronik Anda pada stop kontak tipe soft starter. Dan tunggu hingga beberapa detik. Setelahnya, hidupkan kembali saklar stop kontak tersebut sampai resistor di-bypass.

  • Menghubungi pihak PLN

Jika Anda tidak mengetahui apapun tentang listrik, maka cara memperbaiki mcb yang rusak secara mudah yang terbaik adalah dengan menghubungi pihak PLN. Baca MCB On Tapi Listrik Mati

Dengan begitu, PLN bisa memperbaiki atau mengganti MCB yang rusak. Jika memang sudah tidak bisa diperbaiki maka biasanya pihak PLN akan memberikan pergantian MCB dengan gratis. Sekedar informasi, biaya perbaikan dan pergantian ini gratis sehingga tidak akan membebani Anda.

Sekian informasi mengenai cara memperbaiki mcb yang rusak secara mudah. Dengan adanya ulasan ini, semoga Anda bisa mengatasi masalah MCB yang rusak.

Advertisements

Tinggalkan Balasan