Cara Memasang MCB Listrik Yang Benar

Cara Memasang MCB Listrik Yang Benar 2018

Memasang MCB Listrik – Apakah listrik di rumah sering mati atau mengalami saklar off ketika menyalakan barang-barang elektronik, seperti televisi, setrika, komputer, maupun AC secara bersamaan?

Advertisements

Kemudian, apakah tagihan listrik secara tiba-tiba mengalami kenaikan sesudah instalasi listrik di rumah mengalami perbaikan oleh petugas PLN?

Permasalahan-permasalahan yang bisa timbul tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain faktor-faktor yang ada, berikut disajikan cara memasang MCB listrik yang benar.

Cara Memasang MCB Listrik Yang Benar

Hal utama yang perlu untuk diketahui yaitu berapa Watt atau daya listrik yang dipasang di rumah. Cara untuk mengetahui sangat mudah.Baca Harga MCB Listrik 900 Watt

Cukup dengan meneliti pada bagian saklar atau tombol switch off/on yang terletak di dalam box listrik PLN dan biasanya dipasang pada dinding luar dari rumah.

Sementara itu, saklar pada dunia kelistrikan disebut dengan MCB. Fungsi dari alat ini sebagai pemutus dari arus listrik bila arus listrik kemudian mengalami kenaikan baik secara mendadak maupun perlahan.

Sehingga, mencapai batas maksimal dari kemampuan MCB. Alat ini juga mempunyai fungsi sebagai sebuah pengaman dari hubungan singkat. Lalu, bagaimana cara memasang MCB listrik yang benar?

Cara memasang MCB listrik yang benar sebagai berikut.Baca 3 Merk MCB Standar PLN Kuat

Advertisements
  1. Siapkan peralatan, diantaranya obeng plus ukuran sedang, obeng minus ukuran sedang, MCB baru, dan lampu senter.
  2. Matikan master pada saklar yang terpasang di dinding luar dari rumah.
  3. Buka tutup pada box diaman tempat dari mini saklar yang ada di dalam rumah.
  4. Pastikan letak dari mini saklar yang akan diganti. Perhatikan catatan berikut:
  • Warna merah, yaitu MCB dengan kualitas jelek wajib diganti.
  • Warna kuning, MCB yang nilai dari Ampere-nya melebihi dari master saklar sehingga harus diganti.
  1. Lepaskan dua kabel, baik atas dan bawah dimana masuk ke bagian dalam dari Mini Saklar yang akan diganti. Gunakan obeng plus atau minus.
  2. Hapalkan urutan kabel atau warna yang dilepas.
  3. Lepas Mini Saklar pada tempat dudukan. Caranya adalah menarik bagian dari penjepit , berbentuk persegi dan berlubang, yang ada di bagian bawah dari Mini Saklar. Kemudian, tarik ke bawah menggunakan bantuan peralatan obeng minus. Kemudian dorong ke bagian atas dari Mini saklar atau MCB.
  4. Kemudian, pasang mini saklar baru ke dalam tempatnya.
  5. Pasang kembali kedua kabel, baik atas maupun bawah menuju Mini saklar baru. Lalu, kencangkan penahan menggunakan obeng plus/ minus.
  6. Nyalakan Master Saklar yang ada diluar dinding rumah.
  7. Cek mini saklar baru. Coba daya listrik menggunakan peralatan elektronik atau listrik pada sekitar area rumah yang terkait denga mini saklar tersebut. Bila Mini Saklar tidak ada yang mati atau turun, berarti telah sukses mengganti MCB.
  8. Pasanglah kembali tutup box dari Mini saklar.

Baca : Memilih MCB Listrik yang Bagus

Itulah langkah-langkah dari memasang MCB dengan baik dan benar yang bisa dijadikan sebagai panduan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan