Biaya Ganti Meteran Listrik Pascabayar ke Prabayar

Biaya Ganti Meteran Listrik Pascabayar ke Prabayar 2018

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang biaya ganti meteran listrik pascabayar ke prabayar. Listrik prabayar merupakan layanan terbaru yang disediakan oleh PLN bagi pelanggan dalam mengelola pemakaian energi listrik dengan meter elektronik prabayar atau MPB.

Advertisements

Untuk dapat menggunakan listrik prabayar, calon pelanggan dipersilakan untuk mendaftar penyambungan listrik melalui proses  berikut.

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh listrik prabayar di antaranya adalah pemakaian listrik yang lebih terkendali, tak ada sanksi denda pemutusan listrik, dan pembelian dapat disesuaikan dengan kemampuan pelanggan.

Beberapa kelebihan tersebut dapat menarik pelanggan untuk melakukan penggantian dari listrik pascabayar menjadi listrik prabayar.

Biaya Ganti Meteran Listrik Pascabayar ke Prabayar

Untuk penggantian ke prabayar, pelanggan harus melakukan pengisian stroom perdana minimal Rp 5.000 hingga Rp 1.000.000 sesuai keinginan pelanggan bila tanpa penambahan daya.Baca Cek Rekening Listrik Dengan Nama

Sedangkan penambahan daya 1.300 VA hingga 5.500 VA akan dikenakan biaya pemasangan dan pulsa sebesar Rp 377.800.

Uang Jaminan Langganan atau UJL akan dihitung sesuai tagihan terakhir (ketika dilakukan pembongkaran atau pencabutan kWh meter). Jika nilai UJL lebih besar maupun lebih kecil dari besar tagihan terakhir, maka akan dihitung dalam bentuk kWh.

Sementara itu untuk migrasi dari pascabayar menjadi prabayar, caranya tak sulit. Pelanggan bisa menghubungi layanan call center PLN di 123.

Pelanggan tak akan dikenai biaya ganti meteran listrik pascabayar ke prabayar hanya membayar biaya administrasi untuk meterai.

Advertisements

Lalu seperti apakah tahapan-tahapan dalam melakukan penggantian listrik pascabayar menjadi listrik prabayar? Berikut sedikit pembahasan yang telah kami rangkum hanya untuk Anda.Baca Perbedaan Pascabayar dan Prabayar PLN

  • Memastikan bahwa tagihan rekening listrik berjalan dengan lancar, tanpa ada tunggakan. Bila memiliki tunggakan, Anda harus melunasi seluruh tagihan rekening listrik terlebih dahulu beserta biaya dendanya.
  • Melakukan pendaftaran lengkap dengan identitas diri (KTP asli dan fotocopy KTP pemilik rumah/penanggung jawab bangunan). KTP ini akan berguna untuk memperoleh ID pelanggan yang ditinjau berdasarkan nomor KTP pemilik rumah/penanggungjawab bangunan. Akan tetapi bila pemilik rumah/penanggungjawab bangunan berhalangan untuk bisa hadir, maka dapat diwakilkan pihak lainnya dengan dilengkapi surat kuasa. Selain itu pihak perwakilan pun harus menyiapkan KTP, sehingga ada dua KTP (pemilik rumah/penanggungjawab bangunan dan pihak perwakilan). Anda pun perlu menyiapkan tiga lembar meterai 6000.
  • Anda dapat menghubungi Call Center untuk memperoleh ID pelanggan. Anda akan mendapat pertanyaan mengenai kondisi listrik saat ini dan keinginan Anda untuk beralih ke listrik prabayar. PLN akan menganjurkan Anda untuk langsung datang ke kantor PLN dengan membawa dokumen yang diperlukan.
  • Anda perlu menantikan verifikasi dari PLN terkait dengan pemasangan. Selain mempertanyakan kesiapan kondisi listrik Anda, PLN pun menganalisis kesiapan pendukung listrik sekitar. Bila diputuskan penambahan jaringan, Anda harus sabar menanti maksimal 15 hari kerja. Sementara bila diputuskan penambahan gardu distribusi baru, Anda harus sabar menanti maksimal 40 hari kerja.Baca PLN Pasca Bayar Online

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai biaya ganti meteran listrik pascabayar ke prabayar, semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan