Besaran Daya Listrik Rumah Pada Umumnya

Besaran Daya Listrik Rumah Pada Umumnya 2018

Pemakaian listrik sudah menjadi salah satu kebutuhan yang penting saat ini di setiap rumah. Listrik bisa membantu kita untuk mengerjakan berbagai hal yang sebelumnya kita kerjakan secara manual.

Advertisements

Namun tahukah anda berapa daya listrik rumah pada umumnya? Daya listrik pada sebuah rumah pada umumnya ditentukan dari besarnya daya listrik setiap alat elektronik yang digunakan.

Setiap rumah memiliki jenis alat elektronik yang berbeda sesuai dengan kemampuan dan kebutuhannya masing-masing.

Berbagai alat elektronik yang dijual di pasaran pun sudah dibekali dengan daya yang hemat sehingga menarik perhatian pembeli untuk menggunakannya di rumah mereka.Baca Cara Beli Token Listrik Via ATM

Besaran Daya Listrik Rumah Pada Umumnya

Ada banyak sekali jenis alat listrik yang digunakan untuk keperluan rumah tangga. Masing-masing alat elektronik tersebut memiliki konsumsi daya yang berbeda. Seperti misalnya konsumsi daya untuk alat elektronik yang digunakan secara terus menerus atau tetap misalnya lemari es, lampu dan rice cooker relatif membutuhkan daya listrik yang lebih besar karena digunakan penuh selama 24 jam.

Namun untuk pemakaian alat elektronik yang daya konsumsinya berlangsung secara dinamis seperti komputer, TV, mesin cuci, mesin air dan AC besaran listrik yang dihabiskan sesuai dengan kebutuhan dari pemilik alat elektronik itu sendiri.

Daya listrik rumah pada umumnya berkisar antara 450 VA, 900 VA, 1300 VA dan 2100 VA. Untuk kategori daya listrik 2100 VA sudah masuk kategori penggunaan listrik untuk kepentingan usaha atau bisnis sehingga tarif yang dikenakan pun berbeda.

Advertisements

Banyak orang yang tidak menyadari penggunaan listrik di rumahnya sudah berlebih sehingga terkejut saat menerima tagihan biaya listrik bulanan.Baca Cek Tunggakan Listrik PLN Via Aplikasi

Berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghitung daya listrik rumah anda.

  • Data alat elektronik

Sebelum anda menghitung jumlah daya listrik yang digunakan setiap harinya untuk menghitung jumlah biaya yang seharusnya anda keluarkan setiap bulan.

Maka anda harus bisa mendata alat elektronik yang digunakan dalam rumah anda mulai dari daya listrik yang dibutuhkan oleh alat elektronik, hingga lama pemakaian dari alat elektronik tersebut setiap harinya.

  • Hitung

Setelah semua data yang dibutuhkan telah terkumpul maka anda harus mengetahui apa saja rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah biaya yang dikenakan untuk tagihan listrik di rumah anda.

Ketahui pula berapa harga per Kwh yang berlaku saat itu karena saat ini tarif listrik sedang mengalami kenaikan tarif secara berkala.

  • Selektif dalam penggunaan

Setelah anda mengetahui jumlah daya listrik yang dibutuhkan dalam rumah tangga anda maka anda pasti juga tahu berapa daya listrik rumah pada umumnya.Baca Listrik 900 Watt MCB Berapa Ampere??

Karena hampir sebagian besar rumah tangga kini telah menggunakan alat elektronik yang telah disebutkan di atas. Demikian untuk informasinya semoga bermanfaat.

Advertisements

Tinggalkan Balasan