6 Penyebab Meteran Listrik Prabayar Mati Total

6 Penyebab Meteran Listrik Prabayar Mati Total 2018

Meteran Listrik Prabayar Mati Total – Listrik sudah menjadi kebutuhan yang paling pokok saat ini. Bagaimana tidak? dengan adanya listrik pekerjaan Anda seperti memasak, mencuci, bersih-bersih menjadi lebih ringan.

Advertisements

Untuk memenuhi kebutuhan listrik warganya, pemerintah juga mencanangkan listrik pintar seperti meteran prabayar.

Namun memakainya seringkali menimbulkan masalah contohnya mati. Lalu apa penyebab meteran listrik prabayar mati total?

Penyebab Meteran Listrik Prabayar Mati Total

  1. Listrik terlalu banyak beban

Salah satu penyebab listrik sering mati total ialah adanya beban terlalu banyak. Sebagai contoh, meteran listrik yang ada di rumah sekitar 450 w tetapi pemakaian listriknya bisa lebih dari itu.

Tentu saja ini akan membuat listrik menjadi mati. Solusinya adalah Anda mengganti dari yang awalnya 450 w menjadi 900 w. Namun Anda pun harus siap-siap membayar listrik prabayar yang jumlahnya tidak sedikit.

  1. Jaringan instalasi di rumah tidak bagus

Penyebab meteran listrik sering mati total yang sering dijumpai adalah adanya jaringan instalasi di rumah yang tidak bagus. Baca Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun

Solusi menangani masalah yang satu ini adalah Anda harus mengecek jaringan instalasi yang ada di rumah supaya listrik tidak mati total lagi. Tetapi mengecek jaringan instalasi itu juga memerlukan biaya ekstra jadi Anda harus siap.

  1. Meteran listrik prabayar sensitif

Meteran listrik prabayar ternyata juga sangat sensitif terhadap jaringan. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab meteran listrik prabayar mati total.

Advertisements

Karena sifatnya yang sensitif tersebut, apabila ada jaringan instalasi di rumah yang bermasalah maka meteran sering kali mati total.

  1. Penggunaan kabel instalasi yang tidak baik

Penyebab lainnya kenapa meteran listrik prabayar mati total adalah penggunaan kabel instalasi yang tidak baik.

Tidak baik di sini diartikan tidak memakai kabel instalasi yang standar. Apabila Anda tidak memakai kabel standar, terkadang bahaya aliran arus pendek akan mengancam.

Maka solusinya adalah pakailah kabel instalasi yang memang sudah memenuhi standar pemasangan untuk rumah. Baca Meteran Listrik Prabayar Error

  1. Adanya konsleting

Salah satu penyebab yang sering ditemui mengapa meteran prabayar sering mati total adalah adanya konsleting.

Hubungan pendek arus listrik memang acap kali menyebabkan konsleting di beberapa tempat dan itulah mengapa meteran listrik menjadi mati.

Kelima penyebab di atas merupakan hal yang sering ditemukan. Menggunakan meteran pra bayar memang banyak kendalanya meskipun diklaim sebagai listrik pintar.

Apabila tidak mau membayar tagihan listrik yang terlalu banyak, maka penggunaan listriknya harus seminimal mungkin.

Gunakanlah listrik sebaik-baiknya. Contohnya lampu, nyalakanlah lampu saat akan membutuhkan saja misalnya pada malam hari. Baca Menghidupkan Listrik Token Yang Mati

Kemudian setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab meteran listrik prabayar mati total tersebut Anda juga harus rajin mengecek jaringan instalasi dan kabel di rumah supaya terhindar dari konsleting.

Advertisements

Tinggalkan Balasan