5 Penyebab Sekring Listrik Rumah Sering Putus

5 Penyebab Sekring Listrik Rumah Sering Putus 2018

Sekring Listrik Rumah Sering Putus – Saat di tengah-tengah menggunakan perangkat elektronik tiba-tiba listrik padam atau jeglek pastinya hal tersebut sangat menjengkelkan.

Advertisements

Hal ini pun acap kali ditemui pada setiap rumah di Indonesia apabila listriknya memang bermasalah. Lalu apa penyebab sekring listrik rumah sering putus tersebut?

Apakah berhubungan dengan adanya kerusakan atau hal lainnya?

Penyebab Sekring Listrik Rumah Sering Putus

  1. Terjadi korsleting

Penyebab sekring listrik rumah sering putus salah satunya adalah karena terjadi korsleting. Korsleting atau adanya hubungan arus pendek tersebut sering kali menjadi penyebab mengapa listrik di rumah Anda menjadi padam atau jeglek.

Apabila ada kabel yang lecet atau terkena air, korsleting sering kali terjadi. Lalu ada juga korsleting yang disebabkan karena adanya kerusakan pada barang elektronik misalnya kerusakan lampu atau kulkas maupun AC. Baca CEK TAGIHAN LISTRIK ONLINE

Jika terjadi korsleting, maka segeralah melakukan perbaikan karena tidak, bahaya akan mengancam. Hubungan pendek arus listrik itu bisa menyebabkan terjadinya kebakaran dan Anda wajib mewaspadainya.

Untuk mengetahui perangkat elektronik mana yang rusak/korsleting Anda bisa cek dengan menghidupkan beberapa alat elektronik secara bertahap.

  1. Sekring rusak

Penyebab lainnya mengapa listrik di rumah itu sering kali padam atau bahasa Jawanya jeglek karena sekring rusak.

MCB atau lebih dikenal dengan sekring itu memang rawan terjadi kerusakan terutama jika pemakaiannya sudah lama.

Advertisements

Tak heran jika berapa tahun sekali Anda harus mengecek dan menggantinya supaya tidak terjadi kerusakan. Apabila ada kerusakan pada sekring, segeralah lapor ke PLN terdekat karena penggantian sekring itu harus didampingi oleh pihak PLN. Baca Meteran Listrik Prabayar Tiba-Tiba Mati

Mengapa? Karena di dalam sekring terdapat segel yang jika segel tersebut dirusak maka akan ada denda yang harus Anda bayarkan ke pihak PLN karena itu sudah menjadi prosedurnya.

  1. Pemakaian listrik yang berlebih

Penyebab yang terakhir kenapa listrik di rumah itu sering putus adalah adanya pemakaian yang berlebih. Pemerintah telah menyediakan daya watt listrik seperti 450 w, 900 w dan 1300 w.

Untuk rumah tangga biasanya menggunakan 450 dan 900 w. Tetapi jika penggunaan listrik melebihi watt maka jangan tanya mengapa listrik di rumah sering kali terputus.

Solusi yang pertama Anda bisa mengurangi perangkat elektronik, pakailah yang sekiranya penting saja dan solusi yang kedua adalah menaikkan watt. Jika sebelumnya memakai 450 w maka bisa dinaikan menjadi 900 w.

Menggunakan listrik itu memang harus bijak. Apabila Anda berlebih dalam pemakaiannya, resiko seperti listrik sering putus, resiko lainnya adalah membengkaknya tagihan pembayaran listrik.

Terlebih saat ini pemerintah telah mencabut subsidi penggunaan 900 w jadi Anda harus membayar ekstra per bulannya. Baca Listrik Mati Tapi Meteran Tidak Turun

Setelah mengetahui penyebab sekring listrik rumah sering putus semoga bisa dijadikan inspirasi untuk menggunakan listrik dengan bijak.

Advertisements

Tinggalkan Balasan