3 Penyebab Meteran Listrik Prabayar Tiba-Tiba Mati

3 Penyebab Meteran Listrik Prabayar Tiba-Tiba Mati 2018

Setiap rumah tentunya sering mengalami 3 penyebab meteran listrik prabayar tiba-tiba mati tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Advertisements

Namun, tidak sedikit dari kita yang pernah mengalami kondisi listrik rumah mati padahal listrik tetangga menyala.

Dasarnya, meteran listrik prabayar tiba-tiba mati ini ditandai dengan adanya perubahan posisi pada saklar MCB. Yang mana dari posisi “hidup” berubah menjadi posisi “mati”.

Banyak diantara kita yang langsung mengantisipasinya dengan menghidupkan kembali sakelar MCB. Cara mengatasi meteran listrik yang mati ini memang tidak ada menimbulkan masalah yang besar.

Namun, ada cara lain yang ternyata lebih ampuh dibandingkan cara menghidupkan kembali sakelar tersebut. Baca Cara Menghemat Pulsa Listrik 1300

Penyebab Meteran Listrik Prabayar Tiba-Tiba Mati

Ada banyak penyebab kenapa meteran listrik prabayar bisa mati secara tiba-tiba tanpa pemberitahuan dari pihak PLN.

Mengetahui penyebab kenapa meteran listrik tersebut bisa mati sangat penting. Tujuannya agar suatu saat saat listrik prabayar mati, Anda bisa langsung mengatasinya dengan baik.

Selain itu, pastikan juga bahwa tidak melakukan aktifitas yang bisa memicu meteran listrik prabayar tersebut mati. Berikut adalah 3 penyebab meteran listrik prabayar bisa mati secara tiba-tiba: Baca Biaya Ganti Meteran Listrik Rusak

Advertisements
  1. Beban pada listrik yang kapasitasnya terlalu besar dan melebihi daya dari MCB. Contoh, Anda memiliki daya listrik 450w sedangkan jika ditotal pemakaian listrik yang digunakan ternyata melebihi angka 450 w. Hal ini tentunya akan membuat mesin meteran listrik prabayar akan langsung mati seketika.
  2. Masalah konsleting atau hubungan pendek pada kabel ataupun komponen meteran listrik lainnya. Konsleting merupakan kondisi dimana dua kabel lawan muatan saling bersentuhan yang akhirnya bisa menimbulkan percikan api yang memicu listrik prabayar akan mati langsung. Umumnya, konsleting bisa dibagi menjadi dua, yakni konslet langsung dan juga tidak langsung. Contoh konslet langsung adalah dua kabel bermuatan berbeda saling terbuka. Sedangkan konsleting tidak langsung adalah fitting yang ada pada bagian listrik terendam air atau bersentuhan dengan air
  3. 3 penyebab meteran listrik prabayar tiba-tiba mati selanjutnya adalah alat elektronik yang digunakan dalam kondisi yang terbakar ataupun rusak karena suatu alasan. Contoh, bagian spull pada pompa yang sering digunakan sebagai pompa air listrik ternyata terbakar.

Ada cara efektif untuk mengatasi masalah ini, salah satunya memeriksa bagian box MCB yang kita kenal dengan nama sekring.

Biasanya cara untuk mengatasi masalah penyebab meteran listrik prabayar ini dipilih jika KWH pada indikator mesin menyala.

Biasanya jika kondisi ini muncul, kemungkinan besar matinya meteran listrik disebabkan karena terputusnya bagian kabel listrik pada kabel. Baca Meteran Listrik Pulsa Bermasalah, Boros, Kenapa

Nah, saat Anda mengalami 3 penyebab meteran listrik prabayar tiba-tiba mati, pastikan jangan langsung panik dan khawatir. Anda bisa langsung mengecek bagian sekring untuk bisa memastikan sebelum melakukan tindakan lanjutan.

Advertisements

Tinggalkan Balasan